Hancurkan PSG di Liga Champions, Newcastle Rebut Posisi Puncak

JAKARTA - Newcastle United menunjukkan penampilan terbaik di pertandingan Grup F Liga Champions. Dalam duel di Stadion St James' Park, Kamis, 5 Oktober dini hari WIB, Newcastle menghancurkan Paris Saint-Germain 4-1. Kemenangan telak yang menjadikan tuan rumah sukses merebut posisi puncak klasemen.

Performa gemilang Newcastle memberi hasil mengejutkan di matchday kedua Liga Champions. Meski tampil di kandang sendiri, Newcastle sesungguhnya kurang diunggulkan. PSG diprediksi mampu mengatasi tuan rumah. Apalagi, mereka selalu meraih kemenangan besar di laga sebelumnya.

Setelah kalah 2-0 dri Nice di kompetisi Ligue 1 Perancis, PSG langsung bangkit dengan menghajar Borussia Dortmund 2-0 di Liga Champions dan kemudian membantai Marseille 4-0. Ini menjadikan Les Parisien memiliki modal bagus saat menyambangi markas Newcastle.

Persoalannya, Newcastle tidak kalah konsisten meski saat ini menduduki peringkat delapan di klasemen Premier League Inggris. Mereka tak terkalahkan selama lima pertandingan terakhir.

Newcastle membantai Sheffield United 8-0 di kompetisi domestik. Setelah menahan AC Milan 0-0 di Liga Champions, The Magpies kemudian menaklukkan tim elite Manchester City 1-0 di Carabao Cup. Tren positif itu berlanjut saat mereka mengalahkan Burnley 2-0 di liga.

Ini tentu menjadi modal bagus bagi pasukan Eddie Howe saat menjamu PSG. Dan, tuan rumah menunjukkan sebagai tim yang layak diperhitungkan di laga tersebut.

Tampil menghadapi SG, Newcastle melakukan start gemilang dan langsung unggul di menit 17. Gelandang Miguel Almiron sukses membobol gawang Gianluigi Donnarumma setelah menyambut bola liar. Gol berawal saat Alexander Isak melepaskan tendangan ke gawang yang masih bisa diselamatkan Donnarumma.

Hanya kiper tim nasional Italia ini tak menangkap bola dengan sempurna dan bola liar itu yang kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Almiron.

Unggul 1-0 menjadikan Newcastle kian bersemangat. Mereka menekan pertahanan lawan. Hasilnya, di menit 39, Newcastle sukses memperbesar keunggulan melalui Daniel Burn. Sundulan dia menembus jala PSG dan menjadikan Newcastle menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Di babak kedua, Newcastle tetap bermain konsisten sehingga menyulitkan Kylian Mbappe dkk menguasai permainan. Bahkan PSG kian terpuruk setelah Sean Longstaff mencetak gol di menit 50. Dirinya menyelesaikan assist dari bek Kieran Trippier yang menjadikan The Toon Army unggul 3-0.

PSG sempat memperkecil ketinggalan hanya enam menit berselang. Adalah Lucas Hernandez yang membobol gawang tuan rumah sekaligus mengubah skor menjadi 3-1.

Namun tim putih hitam ini sudah tak terbendung. Kemenangan berada di depan mata. Apalagi Fabian Schaer memantapkan keunggulan Newcastle setelah mencetak pada injury time. Newcastle menutup laga dengan kemenangan 4-1.

Kemenanan besar ini langsung membawa Newcastle ke puncak klasemen Grup F dengan poin empat. Sementara PSG yang memiliki poin tiga berada di peringkat dua.