Resmi! Indomobil dan Inchape Akuisisi Mercedes-Benz Indonesia

JAKARTA - PT Indomobil Sukses International Tbk (Indomobil) bersama Inchcape Motors Private Limited (Inchape) secara resmi menyelesaikan akuisisi distribusi dan produksi merek Mercedes-Benz di Indonesia.

Peresmian ini terjadi melalui penandatanganan Akta Pengalihan Saham pada Jumat, 29 September 2023 lalu, dihadiri oleh Notaris. Seluruh saham dari PT Mercedes Indonesia (MBI) dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) telah sukses beralih kepemilikan kepada Indomobil dan Inchape.

"Ini adalah pencapaian luar biasa, menyelesaikan akuisisi Mercedes-Benz Indonesia dan memperluas kemitraan global kami dengan Mercedes-Benz. Kami telah mencapai kesuksesan bersama Mercedes-Benz sebagai mitra di wilayah Amerika dan yang terbaru di Filipina," ujar CEO APAC Inchcape dalam keterangan resmi yang diterima VOI pada Selasa, 3 Oktober.

Secara rinci, kepemilikan saham akan terbagi dengan Indomobil memegang 30 persen dan Inchape memiliki 70 persen. Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari proses penunjukan Indomobil dan Inchape sebagai produsen dan distributor brand Mercedes-Benz di Indonesia pada Maret tahun ini.

Meskipun terjadi perubahan kepemilikan, Mercedes-Benz menegaskan bahwa pabrik yang terletak di Wanaherang, Bogor, akan tetap beroperasi tanpa adanya perubahan baik dalam personel maupun kebijakan.

"Dengan menggabungkan pengalaman dan kompetensi kami di pasar Indonesia dengan kapabilitas global yang dimiliki oleh Inchcape, kami yakin merek Mercedes-Benz akan terus tumbuh dan berkembang di Indonesia," kata Presiden Direktur Indomobil, Jusak Kertowidjojo.

Indomobil adalah perusahaan yang telah lama berkecimpung dalam industri otomotif di Indonesia dengan portofolio beragam merek kendaraan. Dengan bergabungnya Inchape, diharapkan Mercedes-Benz akan terus memberikan kendaraan dan layanan berkualitas premium di Indonesia.

"Melalui kemitraan dengan Inchcape Indonesia dan Indomobil, kami memiliki mitra yang berpengalaman untuk melebihi ekspektasi pelanggan kami dan membantu kami melanjutkan perjalanan sukses kami di Indonesia," ujar CEO & Presiden Mercedes-Benz and Head of Region SEA II, Amanda Zhang.