Hyundai Cetak Prestasi dalam Bidang Keselamatan, Sedan Verna Dapatkan 5 Bintang dari Global NCAP

JAKARTA - Hyundai kembali raih pencapaian mengesankan dalam aspek keselamatan kendaraan. Kali ini, Verna, sedan yang dipasarkan di India, berhasil meraih predikat 'Top Global' atau mendapatkan 5 bintang dari lembaga Global NCAP (New Car Assessment Program). Hasil ini dicapai setelah melewati serangkaian uji tabrak yang ketat, yang menguji tingkat keselamatan bagi penumpang dewasa dan anak-anak.

Alejandro Furas, Sekretaris Jenderal Global NCAP, memberikan pujian atas pencapaian ini dan mengatakan bahwa ini adalah bukti komitmen kuat Hyundai, perusahaan asal Korea Selatan, dalam meningkatkan standar keselamatan di negara-negara berkembang.

"Kami mendorong Hyundai untuk terus berkomitmen pada jalur ini dan memperkenalkan kinerja keselamatan terbaik pada model-modelnya yang paling terjangkau, serta memperluas penggunaan teknologi ADAS (Advanced Driver Assistance Systems) di seluruh lini produk mereka di seluruh dunia," kata Furas dalam pernyataannya pada Selasa, 3 Oktober.

Hyundai Verna, yang dirancang sesuai kebutuhan pasar India, telah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan standar, termasuk enam airbag, Electronic Stability Control (ESC), ISOFIX di bagian belakang, dan sabuk pengaman untuk semua kursi.

Menurut laporan Autocar India, Selasa, 3 Oktober, pada pengujian perlindungan penumpang dewasa, Verna meraih skor 28,18 dari total 34 poin. Meskipun bodi kendaraan tidak mengalami deformasi yang signifikan dan dapat menahan beban lebih lanjut, mobil ini berhasil memberikan perlindungan yang kuat bagi kepala dan leher pengemudi dan penumpang saat terjadi benturan frontal.

Dalam uji perlindungan penumpang anak-anak, Verna mencapai skor 42 dari total 49 poin. Ini termasuk 12 dari 12 poin yang diberikan untuk pemasangan Child Restraint System (CRS). Dalam pengujian ini, Global NCAP mengujikan Verna dengan menggunakan boneka anak berusia 18 bulan dan 3 tahun, dengan kedua kursi yang dihadapkan ke belakang. Kedua kursi tersebut dipasang dengan menggunakan jangkar dan penyangga kaki, yang membantu mencegah benturan kepala dari depan. CRS ini juga memberikan perlindungan penuh terhadap benturan samping.

Verna tersedia dalam dua varian mesin. Yang pertama adalah mesin bensin berkapasitas 1,5 liter naturally-aspirated dengan tenaga sebesar 113 dk dan torsi 144 Nm yang tersedia dengan transmisi manual enam percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT). Sementara itu, varian tertingginya, dengan mesin turbocharged 1,5 L, menyuguhkan tenaga sebesar 156 dk dan torsi 253 Nm yang dikombinasikan dengan transmisi manual enam percepatan atau kopling ganda otomatis tujuh percepatan.