Bagikan:

JAKARTA - Tahun 2023 menandai tonggak pencapaian bagi Hyundai di pasar India. Hyundai Motor India Limited (HMIL) meraih penjualan domestik terbanyak dalam satu tahun kalender.

Dilansir dari GaadiWaadi, Senin, 1 Januari, produsen kendaraan Korea Selatan berhasil mencatat sebanyak 602.111 unit dalam perolehannya tahun lalu atau naik 9 persen dibandingkan dengan 2022 yang mencapai 552.511 kendaraan.

Kemudian dari sektor ekspor, Hyundai di India berhasil mengirimkan 163.675 unit selama 12 bulan atau naik 10 persen dibandingkan dengan perolehan tahun sebelumnya yang menghasilkan 148.300 unit. Catatan positif tersebut juga diikuti oleh penjualan pada bulan Desember.

Pada periode bulan penghujung tahun 2023 tersebut, pabrikan ini berhasil bukukan 56.450 unit dibandingkan dengan perolehan pada Desember 2022 yang hanya mencapai 42.750 unit.

Kemudian penjualan grosir, Hyundai berhasil mencatat 765.768 unit pada periode tersebut dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencatat 700.811 unit atau meningkat 9 persen.

“Pada tahun penting tahun 2023, Hyundai Motor India menyaksikan momen penting dengan mencapai penjualan domestik tertinggi yang pernah ada yaitu 602.111 unit, mencapai pertumbuhan yang cukup baik sebesar 9 persen,” kata Tarun Garg, selaku Chief Operating Officer HMIL.

Pada tahun 2023, Hyundai menjadi produsen mobil pertama di India yang menawarkan enam airbag sebagai standar di seluruh jajaran produknya, sementara sedan menengah Verna generasi baru menerima bintang lima dalam penilaian keselamatan Global NCAP.

Perusahaan ternama ini memproduksi beberapa kendaraan di India, yang terdiri dari Grand i10 Nios, i20, i20 N Line, Aura, Exter, Venue, Venue N Line, Verna, Creta, Alcazar, Tucson, Kona Electric, dan Ioniq 5. Beberapa model tersebut juga diekspor melalui fasilitas Sriperumbudur di Tamil Nadu, India, ke 88 negara, terdiri dari wilayah Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin, Australia, dan Asia Pasifik.