Cak Imin Disambangi 5 Jenderal Purnawirawan TNI, PKB: Ada Kaitannya dengan Timnas AMIN

JAKARTA - Lima jenderal Purnawirawan TNI menyambangi Ketua Umum PKB sekaligus bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra IV, Senayan, Jakarta, Kamis, 21 September, hari ini. 

Kunjungan 5 mantan perwira tinggi itu disebut untuk menerima arahan terkait tim nasional pemenangan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN. 

"Kalau sekarang sudah mulai mau masuk ke dalam kontestasi nasional, pasti kan sowan atau bangun komunikasi, masa nggak ada kaitannya dengan Timnas?," ujar Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 21 September. 

Kelima jenderal tersebut yakni eks Gubernur DKI Jakarta Letjen (Purn) Sutiyoso, mantan Komandan Korps Marinir Letjen Marinir (Purn) Soeharto, Ketua FKP3 Marsdya (Purn) Saugi, Mantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Sunarko serta Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal (Purn) Fachrul Razi.

Namun, Cucun menjelaskan, pertemuan para jenderal dengan Cak Imin itu bukan untuk diajak masuk ke dalam tim pemenangan AMIN, melainkan untuk dimintai pandangannya. 

"Bukan diajak, tetapi diminta pandangan sekaligus supportingnya seperti apa, hasilnya kan pasti variatif ya, ada yang mungkin satu pemahaman atau tidak, yang pasti usaha dulu, ikhtiar dulu," kata Cucun.

Sebelumnya, Cak Imin menyebut kedatangan lima jenderal purnawirawan itu dalam rangka menjalin silaturahmi dan juga berbagi informasi.

"Alhamdulilllah hari ini saya kedatangan tamu orang-orang hebat. Beliau adalah mantan-mantan pati (perwira tinggi) di TNI, baik darat, udara, laut. Mantan Danjen Kopassus, mantan Danjen Marinir, mantan Kepala BIN. Pertemuan ini silaturahmi tidak ada agenda khusus, intinya kita berbagi informasi," kata Cak Imin di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra IV, Senayan, Jakarta, Kamis, 21 September, hari ini. 

"Berbagi informasi untuk menatap masa depan bagaimana agar bangsa kita terjadi kemajuan demi kemajuan dengan berbagai agenda masing-masing," sambungnya.

Wakil Ketua DPR itu mengungkapkan, para jenderal itu menitipkan pesan persatuan bagi pasangan AMIN. Cak Imin pun memastikan setiap masukan dari para purnawirawan TNI tersebut menjadi modal untuk bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

"Beliau-beliau intinya sangat memiliki komitmen nasional yang masih tinggi semangatnya, meskipun beliau-beliau sudah purnawirawan tetapi beliau-beliau menitipkan kepada saya untuk agenda misalnya persatuan, NKRI, ideologi bangsa. Sehingga masukan-masukan beliau menjadi modal kita untuk bekerja lebih lanjut di Pilpres mendatang," katanya.