PKS Tegaskan Belum Ada Nama Kapten Timses AMIN

JAKARTA - Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi memastikan belum ada bocoran terkait nama kapten koalisi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN). 

Hal ini dikatakan Aboe menanggapi sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi kandidat kapten tim pemenangan AMIN, seperti Najwa Shihab dan Khofifah Indar Parawansa. 

"Belum bocor tuh. Belum bocor. Bocor alus juga belum," ujar Aboe di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 18 September.

Aboe mengatakan, banyak tokoh yang terlibat dalam tim pemenangan pasangan AMIN. Ada mantan Kapolri, mantan kejaksaan, hingga tokoh-tokoh di lembaga hukum. 

"Ada semua," katanya. 

Saat ditanya perlunya tim hukum lantaran khawatir adanya pemanggilan KPK, Aboe menepisnya. Menurutnya, tidak ada hubungannya tim hukum di koalisi perubahan dengan pemanggilan bacawapres beberapa waktu lalu. 

"Saya tanya tim panitia perlu ada tim hukum enggak? Apa hubungannya khawatir-khawatir, nggak khawatir," tegasnya. 

Sementara, Jurnalis Najwa Shihab telah menegaskan dirinya tak berminat menjadi ketua tim pemenangan koalisi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN). Ia juga menyebut tak pernah ada komunikasi dengan pihak lain maupun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hal ini disampaikan Najwa menanggapi kemunculan namanya sebagai salah satu kandidat kapten Timnas AMIN. Adalah Cak Imin yang memunculkan nama jurnalis tersebut.

"Saya klarifikasi bahwa saya tidak akan terlibat sebagai bagian tim sukses kandidat dan/atau partai manapun dalam Pilpres atau Pileg 2024," kata Najwa dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin, 18 September.

"Saya bahkan belum pernah berkomunikasi mengenai hal ini dengan pihak manapun termasuk dari PKB," sambungnya.

Najwa mengatakan dirinya akan menjadi masyarakat sipil independen. "

Khususnya komunitas pers dalam mengawal proses transisi demokratik itu agar berlangsung tidak sekadar baik tapi juga berkualitas," tegasnya.

Sebelumnya, Cak Imin mengatakan tim pemenangannya di Pilpres 2024 masih terus dibahas. Mereka masih mencari nama tokoh yang dianggap tepat.

"Semua alternatif. Belum ada yang pasti. Salah satu ada Najwa Shihab, macam-macamlah. Banyak nama. Masih belum, masih belum, (sedang, red) digodok," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Senin, 18 September.