Apa Pro dan Kontra Fitur Pelacakan Aplikasi di iPhone?

JAKARTA - Apple memiliki fitur pelacakan aplikasi atau yang disebut dengan Tracking App. Fitur ini diluncurkan dalam pembaruan sistem versi iOS 14.5 pada April 2021 silam. 

Mulai di iOS 14.5, iPadOS 14.5, dan yang terbaru aplikasi diharuskan meminta izin Anda jika ingin melacak Anda di seluruh aplikasi dan situs web milik perusahaan lain, untuk tujuan pengiklanan yang ditargetkan atau pengukuran pengiklanan, atau jika informasi yang dikumpulkan dibagikan dengan broker data.

Apa Pelacakan Aplikasi pada iPhone?

Istilah pelacakan aplikasi cukup jelas dan mengacu pada apa yang terjadi di balik layar ketika Anda menggunakan aplikasi di iPhone Anda. Ktika Anda membuka aplikasi, situs web, atau bahkan bermain gim,  pelacakan aplikasi akan memantau Anda dan mengumpulkan data tentang aktivitas apa yang Anda lakukan di sana.

Aktivitas ini mencakup penggunaan aplikasi, berapa lama Anda menggunakan aplikasi, lokasi Anda, dan interaksi dengan iklan dalam aplikasi. Namun, jika Anda tidak menyukainya, Anda dapat dengan mudah hentikan pelacakan aplikasi individual di iPhone Anda.

Lalu, apa pro dan kontra dari pelacakan aplikasi di iPhone, mari kita kupas satu per satu.

Pro Mengizinkan Aplikasi untuk Melacak Anda

Iklan yang Dipersonalisasi

Ketika aktivitas Anda dilacak pada suatu aplikasi, pengembang aplikasi dapat lebih memahami minat dan preferensi Anda. Ini memungkinkan aplikasi untuk menampilkan iklan yang relevan dengan Anda sehingga Anda dapat menemukan produk, penawaran, layanan, dan konten yang benar-benar Anda sukai dan mungkin butuhkan.

Rekomendasi Berbasis Lokasi

Biasanya, ketika sebuah aplikasi tahu di mana Anda berada, maka mereka dapat menyarankan toko, restoran, toko, acara, dan layanan terdekat yang memenuhi apa yang Anda inginkan dan butuhkan. Ini sangat berguna jika Anda bepergian dan ingin menjelajahi tempat-tempat baru tanpa kerumitan.

Manfaat lain adalah ketika Anda bisa memantau pengiriman makanan atau produk secara real-time, serta untuk mengetahui kondisi cuaca di sekitar Anda.

Kontra Mengizinkan Aplikasi untuk Melacak Anda

Kisah ini tidak pernah lengkap tanpa menimbang yang buruk maupun yang baik. Untuk sepenuhnya menyadari apa yang Anda pilih, penting untuk mengetahui kerugiannya. Bagian ini akan meninjau secara singkat kontra pelacakan aplikasi dan mengapa itu bukan cangkir teh semua orang.

Privasi Anda Dikompromikan

Privasi adalah salah satu dilema terbesar di dunia teknologi saat ini. Jika Anda memilih untuk membiarkan aplikasi melacak Anda, ketahuilah bahwa kebiasaan menjelajah Anda, lokasi, penggunaan aplikasi, dan bahkan beberapa data pribadi dapat diakses oleh entitas. Selalu ada kemungkinan bahwa informasi Anda jatuh ke tangan yang salah dan disalahgunakan, membuat Anda menghadapi risiko tertentu, betapapun minimnya itu.

Iklan Bertarget

Meskipun iklan hasil personalisasi cukup membantu dalam berbagai cara, Anda mungkin akan dibombardir dengan banyak iklan, yang bisa menjengkelkan dan mengganggu. Berulang kali melihat iklan tentang hal-hal yang mungkin Anda cari mungkin juga membuat pengguna merasa tidak nyaman.

Banyak Menyerap Daya Baterai

Pelacakan berkelanjutan akan mengkonsumsi sejumlah besar baterai dan daya iPhone Anda, terutama jika memerlukan layanan lokasi untuk diaktifkan juga. Tidak ada yang ingin kehabisan baterai, Anda bisa menonaktifkan pelacakan tersebut.