Apa Itu Laser Akupuntur dan Manfaatnya dalam Terapi untuk Penyembuhan Penyakit

YOGYAKARTA - Laser akupuntur merupakan alat terapi yang muncul berkat perkembangan teknologi. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu laser akupuntur. Apabila dulu terapi akupuntur dilakukan menggunakan jarum yang ditusukkan ke kulit tubuh, kini bisa dilakukan melalui laser. 

Akupuntur laser menjadi salah satu modalitas sebagai opsi untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan menggunakan metode terapi tanpa jarum. Kini akupuntur laser sudah banyak digunakan dan dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. 

Apa Itu Laser Akupuntur

Sesuai dengan namanya, laser akupuntur adalah alat untuk terapi akupuntur dengan memakai sinar laser. Alat ini hadir sebagai pengganti jarum yang digunakan untuk merangsang titik akupuntur. 

Laser akupuntur pertama kali digunakan pada tahun 1970 untuk mengobati pasien asma dan hipertensi. Saat ini penggunaan laser akupuntur dalam dunia kedokteran semakin meluas dalam berbagai bidang, mulai dari mengatasi nyeri kanker, nyeri muskuloskeletal, nyeri akut maupun kronis, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, mempercepat penyembuhan luka dan pemulihan pasca operasi, dan lainnya. 

Laser akupuntur juga mempengaruhi kerja otak dalam menjaga keseimbangan kerja sistem hormonal dan daya tahan tubuh. Jadi laser akupuntur bisa diterapkan secara lebih luas untuk metode penyembuhan pada hampir semua penyakit, baik sebagai terapi tunggal maupun sebagai penunjang terapi lainnya. 

Laser akupuntur bekerja dengan memanfaatkan sinar laser nontermal intensitas rendah untuk menstimulasi titik-titik akupuntur di tubuh. Penggunaan laser akupuntur dilakukan dengan energi dosis tertentu untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit. Metode terapi ini bisa diaplikasikan pada anak-anak hingga lansia. 

Manfaat Laser Akupuntur

Salah satu kelebihan dari laser akupuntur dan menjadi perbedaan dari akupuntur biasa adalah tidak adanya penusukan jarum ke kulit. Jadi metode terapi ini tidak menyebabkan rasa nyeri bagi pasien, serta tidak ada risiko pendarahan di area yang ditusuk jarum. 

Laser akupuntur juga memiliki efek fotobiomodulasi atau kemampuan untuk menstimulisasi sel pada area yang terkena paparan sinar. Stimulasi atau rangsangan ini bisa meningkatkan antioksidan dan memicu pembelahan sel sehingga terjadi regenerasi sel. Proses tersebut akan bekerja untuk meningkatkan kemampuan dalam penyembuhan luka dan jaringan lunak, meredakan nyeri akut dan kronis, hingga mengurangi peradangan. 

Keberhasilan dalam terapi menggunakan laser akupuntur ditentukan dari dua faktor. Pertama, parameter laser akupuntur yang digunakan seperti jenis laser, output daya laser, frekuensi, dan energi dosis laser yang tepat. Kedua, faktor keberagaman individu seperti kesehatan pasien, ketebalan kulit, warna pigmen kulit, dan lokasi titik akupuntur. 

Efek Samping Laser Akupuntur

Meski laser akupuntur memberikan banyak manfaat atau kelebihan, di balik itu metode terapi ini juga memiliki sejumlah efek samping. Berdasarkan sejumlah penelitian, ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari terapi laser akupuntur, seperti nyeri kepala, pusing, hingga lelah. Biasanya gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. 

Ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan saat menggunakan terapi laser akupuntur, yakni pada wanita hamil, anak usia kurang 2 tahun, pasien dengan penyakit jantung berat, dan sebagainya. Pada kondisi tersebut terdapat titik atau area akupuntur yang tidak dianjurkan untuk mendapatkan stimulasi. 

Demikianlah ulasan apa itu laser akupuntur dan sejumlah manfaat serta efek sampingnya. Metode terapi ini semakin banyak diterapkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan atau penyakit. Terapi akupuntur ini cocok bagi Anda yang tidak nyaman atau rentan pada tusukan jarum seperti ketika menjalani akupuntur biasa. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.