Kementerian PUPR Mulai Lelang Sisi Landasan Bandara VVIP di IKN pada Oktober 2023

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan tugas untuk membangun sisi landasan udara Bandara VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek pekerjaan tersebut akan segera dilelang pada Oktober 2023 ini.

"(Mulai lelang) Oktober ini," kata Basuki ditemui wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus.

Basuki menyebut, nantinya proyek yang akan dikerjakan meliputi pembangunan landasan pacu (runway), akses tol, hingga taxiway.

"Untuk pembangunan Bandara VVIP ditugaskan kepada Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan, bagi tugas. PUPR membuat bagian sisi landasan udaranya, jadi pembangunan landasan pacu (runway), akses tolnya, hingga landasan penghubung (taxiway). Itu yang namanya sisi landasan udara," ujarnya.

Dia menambahkan, nanti keseluruhan desain untuk pembangunan Bandara VVIP tersebut berasal dari Kementerian Perhubungan.

"Kalau Kemenhub membangun terminalnya, tetapi semua desain dari Kementerian Perhubungan," pungkasnya.

Sekadar informasi, Bandara VVIP IKN akan digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Dibangun dengan luas terminal VVIP 2.000 meter persegi dan terminal VIP 5.000 meter persegi, serta landasan pacu (runway) sepanjang 3000 x 485 meter.

Bandara ini berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan, dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda. Adapun pendanaan pembangunan dan pengoperasian Bandara VVIP bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).