3,5 Tahun Berlalu, Adik Neil Peart Bercerita tentang Kematian Sang Drumer

JAKARTA - Adik perempuan Neil Peart, Nancy Peart Burkholder, buka-bukaan tentang meninggalnya drumer Rush lebih dari tiga setengah tahun lalu.

Sang drumer meninggal pada 7 Januari 2020, setelah tiga tahun berjuang melawan penyakit kanker otak agresif yang disebut glioblastoma.

Dia meninggal di Santa Monica, California pada usia 67 tahun. Band ini mengumumkan meninggalnya Peart tiga hari kemudian.

Berbicara dengan Kelly Barrett dalam acaranya Etcetera With Kelly Barrett, Burkholder merenungkan kematian sang kakak.

“Kami memiliki waktu tiga setengah tahun untuk mempersiapkannya, jadi kami tahu hal itu akan terjadi,” katanya.

“Dan ketika hal itu terjadi, kami mengalami keheningan radio selama seminggu di mana kami tidak bisa memberi tahu siapa pun. Dan kemudian kami mendapat — saya pikir kami mendapat pemberitahuan 10 menit sebelum diluncurkan ke seluruh dunia. Jadi kami punya waktu 10 menit untuk memberi tahu semua orang bahwa kami belum pernah memberi tahu selama tiga setengah tahun bahwa, 'Maaf, kami berbohong. Semuanya tidak baik-baik saja.’ Jadi, ya, itu sangat sulit — minggu itu adalah minggu tersulit yang kami lalui karena kami tahu dan tidak bisa membagikannya.”

Ketika ditanya apakah penggemar dan orang lain menghormati privasi keluarga saat itu, Burkholder menjawab: “Oh, pesan kami meledak-ledak. Putri saya akhirnya mematikan teleponnya. Dia juga seorang musisi. Dia ada di dunia [musik]. Dan dia sebenarnya menulis lagu minggu itu berjudul 'Radio Silence' karena kami berada di bawah keheningan radio.”

Dia melanjutkan: “Lagu itu diputar di 'A Night For Neil' [acara peringatan yang diadakan pada bulan Oktober 2022 di Meridian Center di St. Catharines, Ontario, Kanada]. Itu luar biasa. Jadi, ya, itu adalah minggu yang sangat nyata. Tapi 10 menit itu seperti… Saya bahkan tidak ingat siapa yang saya telepon dalam 10 menit itu. Semua orang yang saya kenal, saya harus mengirim pesan kepada mereka semua sekaligus, karena kami tahu kami punya waktu 10 menit. Dan saat salah satu sahabat saya menerima pesan saya, pesan itu disiarkan di radio. Dan kemudian mereka semua, tentu saja, dipanggil karena keluarga mereka semua mengetahui hubungan itu dan — hal yang sama — secara teknis sudah 45 tahun bersama dia (Peart). Jadi, ya, itu adalah kejutan yang melanda seluruh dunia, itu sudah pasti.”

Terungkap tahun lalu bahwa Peart ingin merahasiakan diagnosis kankernya sebelum kematiannya. Muncul dalam acara bincang-bincang Kanada, rekan band Peart, Geddy Lee berbagi: “[Peart] tidak ingin ada yang tahu [tentang penyakitnya]. Dia tidak mempublikasikan itu. Dia ingin menyimpannya di rumah. Dan kami melakukannya. Dan itu sulit. Saya tidak dapat mengatakan kepada Anda bahwa itu mudah, sebab itu tidak mudah. Dan itu sedang berlangsung. Diagnosisnya adalah… dia diberi waktu paling lama 18 bulan, dan itu berlangsung selama tiga setengah tahun. Jadi, kami terus-menerus mengunjunginya, memberinya dukungan.”

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia dan gitaris Rush Alex Lifeson harus “tidak jujur” kepada penggemar untuk melindungi privasi Peart.