Kurang Bukti, Jaksa Batalkan Penyelidikan Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Vokalis Rammstein

JAKARTA - Jaksa membatalkan penyelidikan terhadap pentolan Rammstein, Till Lindemann, menyusul tuduhan pelecehan seksual.

Penyelidikan dibuka kembali pada bulan Juni setelah beberapa perempuan melapor, mereka mengklaim bahwa sang vokalis membius dan merekrut mereka untuk melakukan aktivitas seksual.

Lindemann sebelumnya membantah tuduhan tersebut dan pengacaranya menambahkan bahwa klaim tersebut “tanpa kecuali tidak benar”.

Seperti dilaporkan The Washington Post, kantor kejaksaan Berlin mengeluarkan pernyataan pada Selasa, 29 Agustus yang berbunyi: “Evaluasi terhadap bukti-bukti yang ada – terutama laporan pers yang merujuk pada pelapor anonim, serta pemeriksaan tambahan terhadap para saksi – belum menghasilkan indikasi bahwa terdakwa telah melakukan tindakan seksual terhadap perempuan di luar kehendaknya, menggunakan zat-zat yang melumpuhkan atau mengeksploitasi ketidakseimbangan kekuasaan terhadap pasangan seksual di bawah umur untuk membujuk mereka melakukan hubungan seks.”

Dalam sebuah pernyataan, pengacara Lindemann mengatakan bahwa mereka akan “segera mengambil tindakan hukum sebagai tanggapan atas semua tuduhan tersebut”.

Tuduhan terhadap Lindemann pertama kali muncul pada bulan Mei, ketika seorang gadis berusia 24 tahun bernama Shelby Lynn mengklaim bahwa seorang “direktur casting” mengundangnya untuk duduk di bagian “baris nol” dalam pertunjukan Rammstein di Vilnius, Lithuania.

Didokumentasikan di media sosial, dia mengklaim bahwa seseorang membawanya ke bawah panggung dan Lindemann kemudian mendekatinya. Lynn juga mengatakan bahwa dirinya menolak ajakan Lindemann dan sang vokalis bereaksi dengan marah. Lynn juga menegaskan bahwa dia tidak menuduh pentolan itu melakukan pemerkosaan.

“Saya ingin mengklarifikasi lagi. Sampai TIDAK menyentuh saya, tulisnya di Twitter. “Dia menerima saya tidak ingin berhubungan seks dengannya. Saya tidak pernah mengklaim dia memperkosa saya.”

Lynn juga menuduh dirinya merasa seperti telah dibius di pesta pra-pertunjukan, namun kemudian dilaporkan bahwa tes urine tidak menunjukkan tanda-tanda keracunan. Menyusul tuduhan tersebut, Rammstein membantah melakukan kesalahan.

Menyusul tuduhan Lynn yang terungkap, perempuan lain juga mengajukan klaim serupa - menyatakan bahwa mereka terlalu didekati oleh "direktur casting" yang ingin mengatur pertemuan dengan Lindemann.

Universal Music menghentikan semua pemasaran dan promosi Rammstein di tengah penyelidikan. Menurut The New York Times, label tersebut mengatakan: “Tuduhan terhadap Till Lindemann telah mengejutkan kami dan kami sangat menghormati para wanita yang telah berbicara dengan berani di depan umum dalam kasus ini.”

Sejak tuduhan tersebut terungkap, penerbit Kiepenheuer & Witsch – yang menerbitkan buku puisi Lindemann pada tahun 2020 – memutuskan hubungan apa pun dengan musisi tersebut menyusul tuduhan tersebut dan video eksplisit yang muncul kembali.

“Dari sudut pandang kami, Till Lindemann melampaui batasan yang tidak dapat diubah dalam berurusan dengan perempuan,” bunyi pernyataan itu. “Oleh karena itu, kami memutuskan untuk segera mengakhiri kolaborasi kami dengan Till Lindemann, karena hubungan kepercayaan kami dengan penulis telah terputus.”