Percepat Pertumbuhan EV, MG Adakan Forum Diskusi dengan Komunitas Kendaraan Listrik

JAKARTA - Sejak kembali ke industri otomotif Indonesia, Morris Garage (MG) terus mengupayakan untuk memperkuat eksistensinya di dalam negeri.

Pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 ini, MG Motor Indonesia telah mengadakan forum diskusi mendalam dengan komunitas pecinta kendaraan listrik (EV).

Forum tersebut diadakan di booth MG selama acara GIIAS 2023, dengan tujuan untuk mempromosikan peran MG sebagai pelopor dalam perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Langkah ini diambil untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dari berbagai lapisan tentang teknologi kendaraan listrik, sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk mencapai nol emisi (Net Zero Emission) pada tahun 2060.

Kepala Pemasaran dan Humas MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin, menyatakan bahwa forum diskusi dengan para penggemar EV mengenai kendaraan listrik memiliki nilai perspektif yang berharga. Hal ini bertujuan untuk mendidik masyarakat secara optimal agar pertumbuhan kendaraan listrik bisa berlangsung lebih cepat.

"Ini adalah peluang berharga bagi kami untuk mendapatkan wawasan dari pelaku industri dan komunitas EV. Kami merasa terhormat menjadi bagian dari perubahan yang signifikan dalam lanskap otomotif Indonesia dengan mendorong teknologi EV," ungkap Arief dalam keterangan resminya, Kamis, 17 Agustus.

Hingga saat ini, perkembangan kendaraan listrik di Indonesia menunjukkan tren positif. Data terbaru dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam Bidang Kelistrikan menunjukkan bahwa pendaftaran kendaraan listrik telah mengalami lonjakan yang signifikan.

Data tersebut mencatat bahwa pada tahun 2023, pendaftaran kendaraan listrik mencapai angka 53.000 unit. Angka ini merupakan peningkatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan data tahun 2022 yang hanya mencapai 21.000 unit.

MG juga semakin mengokohkan komitmennya dalam pengembangan EV di Indonesia dengan rencana produksi lokal yang dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2024. Rencana ini diharapkan akan memberikan dampak positif pada perekonomian dan pengembangan SDM di Indonesia.

Pabrikan asal Inggris ini juga telah memamerkan jajaran kendaraan listrik seperti MG4 EV dan New MG ZS EV dalam acara GIIAS 2023. Kedua EV tersebut telah meraih tingkat keamanan tertinggi dengan mendapatkan lima bintang dari lembaga Euro ANCAP.