Giliran Kia Gelar Acara Peningkatan Perangkat Lunak Anti-Pencurian

JAKARTA - Kasus pencurian kendaraan merek Kia dan Hyundai telah melonjak tajam di Atlanta, AS, tahun ini, dan menyumbang 60% dari semua pencurian mobil di kota tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa gelombang terus-menerus kasus pencurian kendaraan Hyundai dan Kia di seluruh Amerika Utara telah mengikis kepercayaan banyak pemilik kendaraan dan merugikan penjualan kedua merek tersebut. Namun, Kia berusaha memperbaiki situasi tersebut dan mengadakan acara gratis peningkatan perangkat lunak anti-pencurian akhir pekan lalu di Atlanta Civic Center.

Sebelumnya, pada Juli lalu Hyundai juga telah menawarkan pembaruan perangkat lunak anti-pencurian gratis untuk mencegah pencurian mobil. Hyundai menyediakan mobile service center di Washington, D.C., dan berharap dapat meningkatkan jumlah pemasangan perangkat lunak ini sehingga lebih banyak kendaraan yang dapat terlindungi dari pencurian di masa depan.

Kia mengadakan acara tersebut diadakan pada hari Sabtu antara pukul 10 pagi hingga 2 siang bekerja sama dengan Atlanta Police Department.

Pemilik model Kia yang memenuhi syarat dapat memperoleh pemasangan perangkat lunak baru secara gratis di acara ini, sementara pemilik model Kia yang tidak memenuhi syarat dapat mengambil kunci stir pengaman gratis.

Kia mengklaim dikutip Carscoops, 14 Agustus, bahwa pembaruan perangkat lunak ini membatasi operasi sistem pengapian kendaraan dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk dipasang.

Diketahui bahwa lebih dari 575.000 kendaraan Kia di seluruh Amerika Serikat telah diperbarui dengan perangkat lunak baru ini. Baik Kia maupun Hyundai telah meluncurkan pembaruan perangkat lunak untuk meningkatkan pencegahan pencurian pada awal tahun ini, namun bahkan itu tidak sepenuhnya mencegah pencurian.

Pembaruan ini mengubah logika perangkat lunak alarm pencurian untuk memperpanjang durasi alarm dari 30 detik menjadi satu menit dan memerlukan adanya kunci di dalam kunci kontak untuk menyalakan kendaraan.

Meskipun kasus pencurian kendaraan merek Kia dan Hyundai telah meningkat di seluruh Amerika Serikat, peningkatan kasus ini terjadi sangat cepat di Atlanta. Pada bulan April, Atlanta Police Department mengungkapkan bahwa 60% dari semua pencurian mobil di kota tersebut melibatkan kendaraan merek Kia dan Hyundai, dan antara tanggal 1 Januari hingga 25 Maret, terjadi 937 pencurian mobil di Atlanta. Dari jumlah tersebut, 511 kendaraan yang dicuri adalah merek Hyundai dan Kia, atau mengalami peningkatan drastis dari 50 kendaraan yang dicuri pada periode yang sama tahun sebelumnya.