Bela Daniel Mananta dari Ujaran Kebencian Warganet, Marshanda: Berhenti Merasa Paling Benar

JAKARTA - Marshanda buka suara soal viralnya teaser atau potongan klip dari podcast-nya bersama Daniel Mananta yang tersebar di media sosial, yang belakangan banyak dikritik warganet. Daniel dinilai kurang sopang karena membaca kitab injil untuk Marshanda.

Artis yang mengawali karier akting sebagai aktris cilik itu meminta warganet untuk berhenti mengucap ujaran kebencian di kolom komentar.

“Gua mohon untuk teman-teman berhenti saling mencerca di komen teaser podcast gua kemarin sama Daniel,” tulis Marshanda pada unggahan Instagram miliknya, dilihat Selasa, 8 Agustus.

Marshanda mengajak warganet untuk berhenti menyalahkan keyakinan orang yang berbeda. Menurutnya, tak ada seseorang yang lebih hebat dan merendahkan orang lain yang berbeda keyakinan.

“Yuk, berhenti merasa diri yang paling benar. Berhenti merasa diri lebih superior dari yang keyakinannya berbeda dengan kita,” kata Marshanda.

“Agamamu adalah agamamu, dan agamaku adalah agamaku. Itu salah satu dalam kitab suci yang diajarkan dan gua nggak pernah lupa,” sambungnya.

Marshanda mempertanyakan mengapa masih banyak orang Indonesia yang masih belum bisa menerima perbedaan dan menghormatinya.

“Kapan kita akan mulai menerima dan hormat akan perbedaan kalau dari agama saja kita bisa menganggap remeh, bahkan menjelekkan yang berbeda dari kita?” tanya artis 33 tahun itu.

“17 Agustus ini Indonesia sudah berapa tahun merdeka? Mau sampai kapan ada masyarakat kita yang masih merendahkan penganut agama yang berbeda?” imbuhnya.

Pada akhir pernyataannya, Marshanda mengajak warganet untuk melihat perbedaan sebagai sesuatu yang baik, serta bisa menerima kelemahan dari orang lain.

“Yuk, menghormati satu sama lain dalam perbedaan lebih keren daripada memaksakan pedoman kita pada orang lain. Satu lagi, mohon maafkan setiap orang yang masih belum sempurna di matamu dalam perjalanan spiritualnya,” tutur Marshanda.

Sebelumnya, dalam teaser podcast Daniel Mananta yang beredar di media sosial, terlihat bagaimana mantan VJ MTV itu meminta Marshanda untuk membaca salah satu ayat dalam Alkitab.

Video tersebut pun ramai dikritik warganet. Banyak dari mereka yang mempertanyakan permintaan Daniel Mananta terhadap Marshanda yang notabene memeluk agama Islam.