Jokowi Resmikan IMS GBK Senilai Rp640 Miliar, Bisa Tampung 16.000 Penonton

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Arena atau Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari ini.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno.

Kemudian, ada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Kepala BKPM/Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, serta pejabat lainnya.

"Hari ini kami telah memiliki yang namanya Indonesia Arena, sebuah stadion dengan kapasitas 16.000 penonton kurang lebih," kata Jokowi di Jakarta, pada Senin, 7 Agustus.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Indonesia arena di GBK Jakarta," tambahnya.

Jokowi menyebut, pembangunan IMS sendiri telah dibangun dengan anggaran mencapai Rp640 miliar dan nantinya bisa dipakai untuk turnamen basket, bulu tangkis, bola voli, dan lain sebagainya.

"(IMS) utamanya digunakan untuk turnamen basket, tetapi juga bisa untuk badminton, volley ball, futsal dan tentunya untuk konser," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut, IMS tak hanya bisa digunakan untuk pertandingan olah raga saja, tetapi dapat digunakan pula untuk kegiatan konser.

"Jadi, sekarang kalau yang mau konser silakan daftar, karena saya yakin ini akan lebih banyak digunakan untuk konser," ucapnya.

Sekadar informasi, Indonesia Arena dibangun untuk mendukung pelaksanaan Piala Dunia Bola Basket Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) 2023, yang akan diselenggarakan pada 25 Agustus-10 September 2023.

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina.