Pihak RSUD Kota Tangerang Sebut Kondisi Cipto Membaik, Tapi Setelah Masuk RSCM Disebut Banyak Penyakit dan Gangguan

TANGERANG - Cipto (45), pria obesitas berbobot 200 kilogram (kg) meninggal dunia usai menjalani perawatan medis selama 8 hari di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Ristanto Kakak Cipto mengaku kecewa dengan RSUD Kota Tangerang, karena tidak memberitahukan informasi penyakit adiknya yang ternyata begitu banyak. Dirinya mengaku terkejut saat tim dokter RSCM menyebut ada banyak penyakit pada adiknya.

“Kalau bicara kecewa, namanya manusia pasti ada, dari pihak keluarga begitu. Setelah dirujuk dari RSUD Tangerang ke RSCM, banyak sekali ganguan menurut dokter RSCM,” kata Ristanto saat dikonfirmasi, Kamis, 20 Oktober.

“Ada ginjal yang berfungsi 11 persen, jantung dan yang lebih parah paru-paru terendam air,” tambahnya.

Kendati demikian, ia tidak mempermasalahkan lebih jauh. Karena menurutnya, tim dokter RSUD dan RSCM sudah berusaha keras untuk mengobati adiknya.

“Cuma namanya umur kan kita tidak tahu ya. Kita juga tidak menyalahkan siapapun, intinya semuanya dokter ingin berbuat baik, mungkin sudah waktunya dijemput sama Yang Maha Kuasa begitu,” tutupnya.

Sebagai infirmasi, Cipto, Ristanto meninggal dunia di RSCM, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juli, pukul 03.00 WIB.

“Inaliahiwainalilahi rojiun. Cipto tadi pagi jam 3 meninggal dunia,” kata Ristanto dalam pesan singkat, Rabu, 19 Juli.

Kata Ristanto, jenazah adiknya dibawa ke Tegal, Jawa Tengah, untuk dimakamkan.

“Dimakamkan di Tegal (Jawa Tengah-red),” ujarnya.

Sebelumnya, Cipto dirujuk ke RSCM, Jakarta Pusat. Cipto sempat dirawat di RSUD Kota Tangerang selama 6 hari. Namun ia dipindahkan ke RSCM lantaran peralatan medis lebih lengkap.

Ristanto, kakak Cipto, mengatakan bahwa selama dirawat di RSUD Kota Tangerang, Cipto mengalami perkembangan baik. Katanya, adiknya itu mengalami penurunan berat badan. Cipto sudah lebih baik dari sebelumnya.

“Alhamdulillah ada, daripada di rumah yahh, tidak bisa apa-apa. Sekarang bisa geser, sudah bisa gerak-gerak. Tadi pagi saya tanya agak mendingan, sudah tak begitu sakit (kakinya),” kata Ristanto kepada wartawan di RSUD Kota Tangerang, Selasa, 11 Juli.