Apple iOS 14.4, Bakal Kasih Peringatkan Pengguna yang Pakai Komponen Tidak Ori

JAKARTA - Salah satu alasan mengapa biaya perbaikan resmi dari suatu smartphone biaya yang harus dikeluarkan sangat besar adalah karena suku cadang yang digunakan adalah asli bukan abal-abal.

Artinya, jika Anda memperbaiki perangkat Apple seperti iPhone, sudah dijamin bahwa komponen yang digunakan akan sama dengan yang ada di iPhone pada umumnya.

Sebaliknya, perbaikan perangkat dari pihak ketiga atau tidak resmi dengan biaya yang lebih murah tentu akan berdampak pada kualitas komponen yang digunakan.

Tidak salah memang jika Anda lebih memilih alternatif ini, tetapi Apple ingin penggunanya tetap waspada. 

Fitur baru di iOS 14.4 (Apple)

Menurut laporan Ubergizmo, raksasa yang berbasis di Cupertino baru saja meluncurkan pembaruan iOS baru versi 14.4.

Diketahui bahwa dalam pembaruan tersebut, pengguna iPhone yang menggunakan komponen kamera bukan aslinya akan mendapatkan peringatan berupa notifikasi saat smartphone mereka digunakan.

Namun, notifikasi tersebut tidak akan membatasi pengguna untuk menggunakan kamera di iPhone miliknya.

Apple hanya memberikan peringatan saja kepada pengguna bahwa menggunakan komponen pihak ketiga belum tentu mendapatkan pengalaman yang sama dibandingkan dengan komponen asli.

Misalnya, dengan menggunakan komponen yang bukan aslinya bisa menyebabkan masalah pada mode portrait di mana bisa berhenti tiba-tiba atau freeze hingga tidak berfungsi sama sekali.

Ini bukan pertama kalinya Apple memperkenalkan pesan peringatan semacam itu. Perusahaan sebelumnya juga melakukan hal serupa untuk layar dan juga baterainya,di mana mereka akan memperingatkan pengguna ketika iPhone mendeteksi komponen yang tidak asli.

Meskipun terdengar bagus, beberapa orang berpendapat bahwa langkah yang diambil Apple ini bisa membuat bisnis perbaikan smartphone pihak ketiga menjadi rugi akibat banyak pengguna iPhone yang memilih untuk mengganti dengan komponen asli.