Tiga Orang Italia Sukses Meluncur ke Orbit Bumi dengan Wisata Antariksa Virgin Galactic

JAKARTA - Virgin Galactic akhirnya sukses meluncurkan misi penerbangan komersial pertamanya, Galactic 02 dengan pesawat ruang angkasa Unity.

Unity meluncur pada pukul 10:30 ET ke orbit dengan ketinggian maksimum 85,1 kilometer selama 58 menit dan kembali lagi mendarat dengan sukses pada 11:42 ET di Spaceport Amerika, New Mexico.

Pesawat ruang angkasa itu diluncurkan dari kapal induk Eve di ketinggian 44.500 kaki, mencapai kecepatan maksimum 2,88 Mach selama misi wisata perdananya.

Penerbangan kali ini dipimpin oleh Walter Villadei seorang kolonel di Angkatan Udara Italia, Angelo Landolfi seorang dokter dan letnan kolonel di Angkatan Udara Italia, dan Pantaleone Carlucci, seorang peneliti di Dewan Riset Nasional Italia, yang juga membawa 13 muatan penelitian di dalamnya.

Ketiganya merupakan penumpang berbayar. Mereka juga didampingi oleh Colin Bennett, instruktur astronot Virgin Galactic sendiri yang berperan mengawasi misi dari dalam kabin.

Diketahui, penerbangan yang sukses itu adalah pertama kalinya dalam hampir dua tahun Unity mencapai ketinggian suborbital, membuka jalan bagi Virgin Galactic untuk secara resmi meluncurkan perjalanan komersialnya.

Misi selanjutnya, Galactic 02 akan diluncurkan pada awal Agustus, setelah itu perusahaan berencana mengirim kru komersial ke luar angkasa setiap bulan dengan harga 450.000 dolar AS (Rp6,7 miliar) per tiket.