Jadwal Kick Off Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

JAKARTA – Piala Dunia U-17 2023 resmi berlangsung di Indonesia. Berikut ini jadwal berlangsungnya ajang kelompok umur tersebut.

Induk sepak bola internasional FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dalam sidang FIFA Council di Swiss, Jumat, 23 Juni 2023. Indonesia menggantikan peran Peru.

Ajang tersebut akan berlangsung mulai dari 10 November sampai dengan 2 Desember 2023. Ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus menjalani debut di ajang bergengsi itu.

Piala Dunia FIFA U-17 2023 akan diikuti oleh total 24 negara. Indonesia mendapat jatah menjadi kontestan karena berstatus sebagai tuan rumah bagi kompetisi yang dihelat dua tahun sekali tersebut.

Indonesia adalah satu dari lima wakil Asia (AFC) yang akan bermain nanti. Empat wakil Asia lainnha yang mendapat tiket adalah Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Uzbekistan.

Asia dan Eropa (UEFA) adalah konfederasi yang mendapat jatah wakil paling banyak di edisi kali, yakni masing-masing lima. Lima wakil UEFA yang akan turun adalah Spanyol, Polandia, Jerman, Prancis, dan Inggris.

Sementara itu, 14 wakil lainnya terdiri dari empat wakil Amerika Selatan (Conmebol), dua wakil Oseania (OFC), empat wakil Amerika Utara (Concacaf), dan empat wakil Afrika (CAF).

Empat wakil dari Conmebol adalah Argentina, Brasil, Ekuador, dan Venezuela, sedangkan empat wakil Concacaf adalah Amerika Serikat, Panama, Meksiko, dan Kanada.

Sementara itu enam negara lain adalah Burkina Faso, Mali, Maroko, dan Senegal (CAF) serta Kaledonia Baru Selandia Baru (OFC).