4 Instrumen Investasi untuk Dana Pensiun, Jangan Sampai Salah Pilih!

YOGYAKARTA – Jika Anda ingin meraih kebebasan finansial di masa depan, Anda perlu menyisihkan sebagian pendapatan ke investasi. Dengan menempatkan dana ke instrumen investasi untuk dana pensiun, aset Anda akan bertambah. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik dari persentase kenaikan aset investasi yang Anda jalankan.

Lantas, apa saja pilihan investasi yang tepat untuk menyiapkan dana pensiun? Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 19 Juni 2023, berikut beberapa opsinya.

Ragam Instrumen investasi untuk dana pensiun

  1. Reksa dana

Pilihan instrumen investasi untuk dana pensiun yang pertama adalah reksa dana. Anda bisa memilih jenis portofolio investasi apa saja yang ingin Anda miliki di reksa dana sebagai sarana merealisasikan rencana dana pensiun.

Dengan memilih reksa dana, Anda tidak perlu repot mengelola dana yang sudah diinvestasikan. Pasalnya, pengelolaan investasi Anda akan dijalankan oleh manajer investasi.

Manajer investasi merupakan sebuah manajemen atau lembaga profesional yang memiliki tugas untuk mengelola kegiatan investasi Anda.

  1. Saham

Saham merupakan instrumen investasi yang menawarkan profil keuntungan yang relatif lebih besar ketimbang instrumen investasi lainnya. Akan tetapi, kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang besar juga berbanding lurus dengan profil risikonya.

Diketahui, saham merupakan instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi. Salah satu risiko investasi saham adalah capital loss, yakni suatu kondisi dimana investor menjual saham lebih rendah dari harga beli.

Meski risikonya tinggi, Anda tidak perlu ragu untuk memulai investasi saham. Sebab, saat ini Anda bisa membeli saham dengan modal yang relatif kecil. Selain itu, regulasi kepemilikan lembar saham juga sudah berubah dari 500 lembar menjadi 100 lembar saja.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa pialang atau broker saham untuk mengelola saham yang Anda miliki, sambil mencari pengetahuan yang lebih mendalam terkait mengola investasi saham untuk dana pensiun.

  1. Obligasi

Obligasi termasuk ke dalam instrumen investasi untuk dana pensiun. Obligasi cenderung memberikan keuntungan investasi yang tetap sesuai dengan bunga yang sudah dipersetujui di awal pembeliannya.

Ini artinya, Anda dapat memprediksi imbal hasil dari modal yang Anda salurkan di awal investasi.

Investasi obligasi juga memiliki jangka waktu yang beragam, yakni jangka panjang dan jangka pendek. Jika Anda memilih obligasi sebagai sarana investasi untuk mempersiapkan dana pensiun, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan skema waktu investasi jangka panjang.

Salah satu produk obligasi yang cukup menjanjikan sebagai investasi dana pensiun adalah Obligasi Ritel Indonesia (ORI). ORI dapat memberikan Anda imbal atau keuntungan hingga sekitar 8 persen setiap tahunnya. Apabila nilai aset dari ORI mengalami kenaikan, Anda pun punya kesempatan untuk menerima keuntungan lebih besar dari 8 persen yang telah ditetapkan sebelumnya.

  1. Deposito

Deposito bisa menjadi pilihan utama untuk meraih kebebasan finansial di masa depan. Hal ini karena deposito menawarkan keuntungan yang cukup stabil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Selain itu, deposito juga bersifat seperti tabungan. Sehingga Anda bisa mengalokasikan modal dana pensiun setiap bulannya dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir investasi yang dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun akan mengganggu kebutuhan sehari-hari.

Demikian informasi tentang instrumen investasi untuk dana pensiun yang bisa Anda pilih untuk meraih kebebasan finansial di masa depan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca VOI.ID.