Buah Tangan dari Hannover Messe 2023, Enam Perusahaan Berdiri di Kepri

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meresmikan enam perusahaan yang berdiri di Wiraraja Industrial Park, Kota Batam, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu.

Hal ini menandai dimulainya langkah tindak lanjut dan implementasi atas berbagai kesepakatan kerja sama yang dihasilkan selama partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country Hannover Messe, pada April 2023.

Adapun keenam perusahaan yang diresmikan, yakni PT Apollo Solar Indonesia, PT Marubeni Global Indonesia, PT Tynergy Technology Group, PT Wiraraja Yunan International, PT Alpha Solar Indonesia, dan Jaya Electrical Energy.

Dengan demikian, total investasi yang dibawa masuk ke Indonesia oleh perusahaan-perusahaan tersebut mencapai 800 juta dolar AS atau sekitar Rp12 triliun dan akan menciptakan lapangan kerja bagi 13.000 orang.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kemenperin Eko SA Cahyanto menyebut, kesuksesan masuknya investasi tersebut juga tidak terlepas dari partisipasi Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe 2023 dan dukungan berbagai stakeholder, salah satunya peran KJRI Los Angeles yang memfasilitasi dan berkoordinasi dengan Kemenperin terhadap rencana investasi Tynergy di Indonesia.

"Kementerian Perindustrian akan terus mendorong promosi dan percepatan realisasi asing masuk ke Indonesia," kata Eko dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis, 15 Juni.

Pada kesempatan sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan, Grand Opening of 6 Companies di Wiraraja Industrial Park merupakan salah satu momen penting bagi Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19, serta mengakselerasi peningkatan daya saing industri dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut dia, keberhasilan masuknya investasi di Indonesia tidak terlepas dari promosi dan kemudahan investasi yang diberikan. "Pemerintah Indonesia memberikan berbagai insentif investasi yang sangat menjanjikan, seperti tax holiday, tax allowance, import duty exemption, dan super tax deduction," imbuhnya.