6 Jenis Burung Hewan Peliharaan yang Mudah Perawatannya

YOGYAKARTA – Banyak spesies burung yang bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah. Tetapi dari seluruh spesies, tidak semua mudah dipelihara. Untuk itu, Anda perlu selektif memilih yang perawatannya tidak ribet dan bisa hidup berdampingan bersama burung hewan peliharaan jenis berikut di bawah ini.

1. Kutilang

Burung kutilang ialah burung yang mudah dirawat dan cenderung menarik untuk dilihat. Buruk spesies ini juga kicauannya menenangkan. Tetapi burung-burung ini tidak boleh dikeluarkan dari kendang dan bukan spesies yang aktif. Jika Anda memutuskan burung kutilang untuk dipelihara, dapatkan dua burung agar saling menemani.

2. Merpati

Merpati dikenal memiliki perilaku yang manis dan lembut. Tidak seperti burung beo yang berparuh keras, burung merpati jarang menggigit ataupun merusak dengan paruhnya. Anda perlu melengkapi aksesoris kendang dengan cermin dan ayunan untuk meningkatkan aktivitas dan sesekali perlu diberikan waktu keluar terbang bebas keluar kendang untuk berinteraksi.

Ilustrasi burung hewan peliharaan yang mudah perawatannya (Freepik/wirestock)

3. Lovebird

Lovebird adalah salah satu spesies burung beo terkecil. Burung-burung kecil berwarna-warni ini cerdas. Burung jenis ini ideal untuk anak-anak yang tinggal di apartemen atau kondominium. Lovebird memiliki harapan hidup 10 hingga 20 tahun dilansir The Spruce Pets, Rabu, 7 Juni.

4. Parkit

Budgie, atau parkit,⁠ adalah burung kecil berwarna-warni dari Australia yang menyenangkan bagi para pecinta burung. Hewan ini dapat mentolerir penanganan dengan cukup baik, relatif mudah dirawat, dan bahkan dapat belajar berbicara. Mereka memiliki kepribadian yang lembut dan sering terikat cukup kuat dengan pemiliknya, menjadikan mereka teman yang luar biasa bagi pecinta burung. Burung parkit memiliki harapan hidup yang lebih pendek dari tujuh hingga 15 tahun.

5. Parkit quaker

Parkit Quaker sebenarnya adalah burung beo kecil yang cukup mudah perawatannya. Bahkan anak-anak yang tertarik dengan merawat hewan peliharaan, bisa memilih Parkit Quaker sebagai alternatif. Semakin sering mendengar kata-kata secara verbal di sekitar kandang, semakin mungkin burung ini menangkap dan meniru kata-kata tersebut. Parkit biksu memiliki harapan hidup 20 hingga 30 tahun.

6. Cockatiel

Cockatiel lebih besar dari kutilang dan parkit, tetapi mereka tetap salah satu burung peliharaan terbaik. Burung ini dapat belajar berbicara, bersiul, dan melakukan trik. Cockatiel cocok dengan anak-anak yang lebih besar yang dapat mencurahkan waktu untuk berinteraksi dengan mereka. Mereka menikmati waktu mereka di luar kandang, jadi mereka membutuhkan lebih sering dibersihka

Itulah keenam jenis burung hewan peliharaan yang mudah perawatannya. Apakah Anda dan buah hati tertarik memelihara salah satunya?