Penyakit yang Ditularkan Kucing: Meskipun Lucu Tapi Wajib Banget Waspada Kalau Tak Ingin Menyesal Nantinya
Penyakit yang Ditularkan Kucing (Gambar Annette Meyer - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan peliharaan yang luar biasa, dan manfaat hidup dengan kucing jauh lebih besar daripada kerugiannya. Tetapi beberapa penyakit dapat menular dari kucing ke manusia. Penyakit ini disebut penyakit zoonosis, atau zoonosis. Pengen tahu apa saja penyakit yang ditularkan kucing?

Kali ini Kita bakal menyoroti penyakit yang dapat ditularkan kucing ke manusia, sehingga Anda dapat mempraktikkan strategi pencegahan, dan meminimalkan risiko.

Penyakit yang Ditularkan Kucing

Toksoplasmosis

Kebanyakan orang tahu bahwa orang hamil tidak boleh bertugas membersihkan kotak pasir kucing. Tapi tahukah Anda mengapa? Kucing umumnya adalah pembawa organisme uniseluler yang disebut Toxoplasma gondii. Kucing mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit, meskipun telah menularkan organisme infektif melalui kotorannya.

Orang-orang terinfeksi melalui transmisi tangan-ke-mulut yang tidak disengaja saat menangani kotoran kucing, jadi setiap orang harus mempraktikkan kebersihan tangan standar setelah membersihkan kotak pasir, dan memakai sarung tangan saat berkebun. Jika seorang wanita belum pernah terpapar organisme toksoplasma dan terinfeksi saat hamil, efeknya pada bayi bisa serius. Jadi, jika Anda mengharapkannya, pastikan selalu ada orang lain yang membersihkan kotak kotorannya setiap hari.

Cacing tambang dan cacing gelang

Telur cacing tambang dan cacing gelang dapat ditularkan melalui kotoran kucing dan menginfeksi manusia. Cacing tambang dapat masuk melalui kulit manusia (yaitu, cutaneous larval migrans)—misalnya, seseorang yang berjalan tanpa alas kaki di pasir yang terkontaminasi kotoran kucing. Cacing gelang kucing yang tertelan secara tidak sengaja dapat menyebabkan infeksi manusia pada organ dalam (yaitu, migrans larva visceral) dan mata (yaitu, migrans larva okular). Setiap tahun di Amerika Serikat, sekitar 700 orang (kebanyakan anak-anak) kehilangan penglihatan karena kondisi ini. Karena parasit zoonosis ini, hewan peliharaan biasanya tidak diperbolehkan berada di pantai, dan kotak pasir anak-anak harus ditutup saat tidak digunakan. Buang kotoran kucing di halaman dan tempat sampah setiap hari. Untuk mencegah infeksi zoonosis cacing tambang dan cacing gelang:

Cuci tangan Anda dengan bersih sebelum memasak dan makan.

Jangan biarkan anak-anak memasukkan benda kotor ke dalam mulutnya.

Obat cacing kucing secara rutin.

Praktik kami mengikuti rekomendasi Companion Animal Parasite Council bahwa semua kucing memerlukan obat cacing secara teratur dan pemeriksaan feses secara teratur.

Kurap

Kurap adalah penyakit kulit yang dapat ditularkan dari kucing ke manusia, tetapi tidak disebabkan oleh cacing. Sebaliknya, jamur dermatofit menyebabkan kurap dinamakan demikian karena infeksi menyebabkan lesi kulit melingkar pada manusia. Kucing yang terinfeksi kurap biasanya memiliki bercak kulit bersisik dengan rambut rontok.

Jamur dapat diambil dari lingkungan atau dari kucing lain yang terinfeksi. Orang dengan gangguan kekebalan, yang muda, dan yang tua paling berisiko terkena kurap dari kucing. Perawatan jangka panjang dengan obat oral dan topikal, serta dekontaminasi lingkungan, terkadang diperlukan untuk membersihkan penyakit pada kucing. Jika kucing Anda menderita kurap dan seseorang di rumah Anda mengalami lesi kulit, hubungi dokter Anda.

Penyakit cakaran kucing

Orang bisa terkena penyakit cakaran kucing saat dicakar oleh kucing yang terinfeksi bakteri bernama Bartonella, yang bersarang di kotoran kutu (yaitu kotoran kutu) yang dibawa oleh cakar kucing. Orang yang terinfeksi dapat mengalami pembengkakan kelenjar getah bening dan demam. Penyakit parah dapat terjadi pada orang dengan gangguan kekebalan. Empat puluh persen kucing membawa bakteri ini tetapi tidak sakit.

Selalu cuci bersih luka cakaran kucing dengan sabun dan air mengalir. Anda dapat mengurangi risiko penyakit cakaran kucing yang ditularkan dari kucing ke manusia melalui pengendalian kutu yang efektif jika Anda tidak memiliki kucing di rumah dengan kutu, kucing tidak akan menyimpan bakteri di cakarnya. Tanyakan kepada tim Just Cats Clinic kami tentang pengendalian kutu terbaik untuk kucing Anda.

Rabies 

Rabies adalah virus yang ditularkan melalui air liur hewan yang terinfeksi. Protokol vaksin yang efektif telah membuat rabies kurang umum, tetapi 224 kucing dilaporkan didiagnosis menderita rabies di Amerika Serikat pada tahun 2015. Juga, ingat anak kucing yang membuat selusin orang terkena rabies pada Thanksgiving pada tahun 2017?

Di Amerika Serikat, kucing adalah hewan peliharaan yang paling sering dilaporkan mengidap rabies, sebagian karena beberapa orang secara keliru percaya bahwa kucing dalam ruangan tidak perlu divaksinasi. Undang-undang negara bagian Virginia mewajibkan semua kucing berusia 4 bulan ke atas untuk divaksinasi rabies, ditambah pemacu rutin rabies sepanjang hidup mereka. Selalu hubungi dokter Anda setiap kali kucing menggigit Anda, dan hubungi tim kami untuk mendiskusikan rencana vaksinasi terbaik untuk kucing atau anak kucing Anda.

Jadi setelah mengetahui penyakit yang ditularkan kucing, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!