Lexus Rilis Saudara Yaris Cross, LBX dengan Teknologi Hybrid Ringan

JAKARTA - Setelah rumor cukup lama mengenai peluncuran SUV sub-kompak, Lexus akhirnya secara resmi merilis LBX. Model ini merupakan SUV level pemula dengan diposisikan di bawah model UX.

Saudara dari Yaris Cross tersebut memiliki platform GA-B yang menawarkan gaya yang berbeda dari mobil Toyota tersebut dengan ciri khas dari Lexus.

LBX merupakan singkatan dari Lexus Breakthrough X(cross)-over, sebuah mobil yang memakai konsep berlawanan dengan gagasan kaku akan mobil mewah.

Lexus LBX Chief Engineer, Kunihiko Endo, berujar dibangunnya LBX bertujuan untuk menciptakan kendaraan yang memungkinkan pelanggan menikmati perjalanan santai dan menjadi diri mereka sendiri.

"Dengan mempertahankan dedikasi yang tak tergoyahkan dan terus berjuang untuk peningkatan, kami berhasil menciptakan mobil yang memancarkan kehalusan, penampilan yang kuat, dan proporsi emosional, jauh melampaui norma umum kendaraan kompak," kata Endo dalam keterangan resmi perusahaan, Senin, 5 Juni.

Karena LBX merupakan SUV kompak, mobil ini memiliki dimensi yang ringkas dengan panjang 4.190 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.545 mm, da wheelbase 2.580 mm.

Pada bagian dalam, LBX menawarkan kluster instrumen digital 12,3 inci dengan tampilan HUD yang digabungkan layar sentuh berukuran 9,8 inci. Sistem infotainment didukung Apple CarPlay dan Android Auto.

Untuk membuat pengguna mobil tidak merasa bosan, Lexus bekerja sama dengan Mark Levinson sebagai pemasok sistem suara dengan menghadirkan 13 speaker disertai subwoofer.

Dengan dilengkapi pelek berukuran 18 inci, Lexus LBX tersedia dalam penggerak roda depan dan semua roda dengan menghadirkan konfigurasi secara eksklusif Continuously Variable Transmission (CVT).

Pada bagian internal, LBX mengusung powertrain hybrid dengan menghadirkan mesin bensin 1,5 liter 3-silinder yang dapat menghasilkan tenaga gabungan 134 dk dan torsi 185 Nm.

Dengan daya yang dihasilkan dari mesin dan motor listrik tersebut, ini cukup membuat LBX berlari dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,2 detik.

LBX menjadi mobil pertama dari Lexus yang pengembangannya dilakukan di Eropa. SUV ringkas ini akan memasuki masa produksi pada akhir 2023 dan mulai dijual di Eropa pada awal 2024.