4 Tempat Simpan Uang yang Aman Selain Bank yang Patut Diperhitungkan

YOGYAKARTA – Pihak perbankan selama ini menyediakan fasilitas penyimpanan uang yang aman untuk nasabah. Namun tahukah Anda bahwa ada tempat simpan uang yang aman selain bank dan bisa dipertimbangkan sebagai alternatif.

Tempat Simpan Uang yang Aman

Menyimpan uang secara mandiri sebenarnya bisa dilakukan tanpa mengurangi faktor keamanannya. Hanya saja cara penyimpanannya perlu disesuaikan dengan kondisi. Berikut ini tempat simpan uang selain bank yang bisa memberikan rasa aman.

  1. Safe Deposite Box

Secara umum Safe Deposit Box (SDB)adalah kotak penyimpanan surat atau barang berharga yang memiliki keamanan tingkat tinggi. Kotak SDB semacam brankas raksasa atau ruangan dengan pintu khusus yang tahan dengan berbagai pembongkaran, api, dan sebagainya.

Penyedia SDB biasanya adalah pihak perbankan, namun saat ini Pegadaian dan beberapa pihak lain telah menyediakan fasilitas SDB.

  1. Koperasi

Tahukah Anda bahwa masyarakat bisa menyimpan sekaligus menabung uang di koperasi? Cara ini dipilih oleh sebagian masyarakat karena berbagai alasan, misalnya akses ke perbankan lebih jauh dibanding koperasi atau keuntungan yang ditawarkan koperasi lebih besar dibanding bank. Untuk menabung di koperasi, Anda disarankan memilih koperasi yang terpercaya untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

  1. Ubah ke Uang Elektronik

Perkembangan zaman yang semakin maju memungkinkan masyarakat bertransaksi dengan uang elektronik. Di Indonesia ada banyak provider yang menyediakan fasilitas transaksi uang elektronik seperti GoPay, Shopeepay, OVO, dan masih banyak lagi. Tidak hanya bisa digunakan sebagai transaksi, uang elektronik juga bisa digunakan sebagai media penyimpanan uang yang aman. Anda cukup mengubah uang fisik ke uang elektronik dan menyimpannya di dompet digital.

  1. Brankas

Brankas adalah kotak besi berpintu dengan kunci khusus yang biasa digunakan untuk menyimpan barang berharga dari pencurian atau perampasan. Brankas bisa dibeli secara bebas di pasar sehingga Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan uang secara mandiri di rumah.

Itulah beberapa tempat simpan uang yang aman. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.