Lewat Forum Ini, ICCSC Ingin Dukung Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia

JAKARTA - Indonesia menegaskan komitmennya untuk mencapai target pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) menuju Net Zero Emission (NZE) pada 2060. Untuk mendukung hal tersebut, Indonesia Carbon Capture and Storage Center (ICCSC) akan menyelenggarakan Forum bertajuk International and Indonesia CCS Forum 2023 di Hotel Mulia Jakarta, pada 11-12 September 2023.

Acara ini terdiri dari kegiatan Forum dan Eksibisi, dengan mengangkat tema 'Pioneering The Energy Landscape Decarbonization Future: Harnessing The Power of CCS Globally for A Cleaner Future and Economic Growth'.

Ketua International and Indonesia CCS Forum Merry Marteighianti mengatakan, pelaksanaan forum ini akan menjadi wadah dan momen besar dalam mempertemukan lembaga pemerintah, investor, CCS industry player, akademisi, serta pakar industri untuk berkumpul bersama, berbagi keahlian dan pengalaman.

"Komitmen ICCSC terhadap masa depan dekarbonisasi energi didasarkan pada keyakinan, bahwa perlindungan lingkungan dan pertumbuhan ekonomi tidak perlu bertentangan," kata Merry dalam acara Launching International and Indonesia CCS Forum 2023 di Jakarta, Selasa, 30 Mei.

"Sebaliknya, kami percaya bahwa keselarasan antara lingkungan yang bersih dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dapat menjadi kenyataan," tambahnya.

Merry menambahkan, dengan memanfaatkan kekuatan Carbon Capture and Storage (CCS), nantinya Indonesia bisa menciptakan masa depan yang lebih bersih dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Oleh karena itu, acara International & Indonesia CCS Forum ini dapat dijadikan momentum CCS di Indonesia dapat ikut berperan sebagai agenda pembangunan ekonomi berkelanjutan," ujarnya.

Sementara itu, Executive Director ICCSC Belladonna Troxylon Maulianda mengatakan, dengan begitu banyak tantangan, ICCSC berperan untuk menjadi pelopor dalam menerapkan teknologi CCS secara luas, dengan visi terus menyuarakan dan mendorong percepatan pengembangan dan teknologi CCS di Indonesia, serta menjadikan Indonesia sebagai CCS Hub di Regional.

"Komitmen ICCSC terhadap masa depan dekarbonisasi energi didasarkan pada keyakinan, bahwa perlindungan lingkungan dan pertumbuhan ekonomi tidak perlu bertentangan. Sebaliknya, kami percaya keselarasan antara lingkungan yang bersih dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dapat menjadi kenyataan," pungkasnya.