KTM Kembangkan Sistem Transmisi Dual-Clutch yang Lebih Praktis

JAKARTA - Produsen kendaraan roda dua, KTM dikabarkan sedang menyiapkan pengembangan dari mesin LC8 berkapasitas 1.301 cc V-Twin dengan transmisi dual-clutch.

Dilansir dari Motorcycle News, Selasa, 23 Mei, KTM akan mengembangkan transmisi dual-clutch langsung. Transmisi tersebut akan memakai kopling sentrifugal untuk menghubungkan mesin dengan transmisi.

Sehingga, kopling tersebut dapat berfungsi saat putaran mesin di atas idle. Jadi, ini bisa berhenti tanpa harus menekan kopling. Ini yang membuat sistem transmisi dari motor KTM tersebut bekerja secara sederhana.

Nantinya KTM akan sediakan sistem up-down quickshifter dan blipper. Fungsi ini membuat pengendara tidak perlu menarik kopling saat pergantian gigi. Dan KTM tengah berupaya memperjuangkan paten tersebut.

Selain itu, KTM juga mengembangkan sistem pengunci transmisi (parking lock), fungsinya mencegah motor menggelinding saat parkir.

Fitur lainnya, KTM juga akan menghadirkan electric actuator yang dapat memindahkan shift drum. Jadi, pergantian gigi bisa melalui tombol yang dipasang ke setang atau full otomatis.

Mesin dengan transmisi tersebut berkemungkinan akan dihadirkan pada versi berikutnya dari KTM 1290 Super Adventure dan KTM 1290 Super Duke GT untuk tahun 2024 atau 2025 mendatang.