Keeway EV Anne, Skutik Listrik Bergaya Retro dari Benelli: Harga di Bawah Rp20 Juta

JAKARTA - Dalam pergelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, PT Benelli Motor Indonesia merilis sebuah skutik listrik di bawah brand Keeway EV dengan nama Anne.

Motor yang memiliki desain yang retro ala Eropa tersebut memiliki baterai 60V/30Ah lithium LifePo4. Anne mendapat kemampuan daya isi dari nol hingga penuh dalam waktu 6 jam. Skutik ini juga dilengkapi motor listrik 1.200 W.

"Memiliki motor listrik 1.200 W, maka Anne memiliki kecepatan hingga 60 km/jam," ucap Steven Kencana Putra, selaku Presiden Direktur PT Benelli Motor Indonesia saat meresmikan model Anne di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Tampilan retro pada Anne semakin lengkap dengan beberapa unsur modern yang disematkan, seperti penggunaan lampu LED warna pada speedometer, pencahayaan full LED pada lampu depan, tempat pengisiam daya gawai, baterai yang bisa dicopot, dan lainnya.

Hal yang semakin menarik pada Anne ialah skutik ini memiliki swing arm yang terbuat dari aluminium, dan bagian kaki-kaki yang menggunakan ban depan 90/90-12 serta ban belakang 90/3,50-10. 

"Untuk pelek dan juga swing arm kita menggunakan bahan aluminium kokoh. Bukan plastik," ucap Steven.

Benelli saat ini hanya menghadirkan Keeway EV Anne dengan warna ungu. Namun, tidak menutup kemungkinan warna lainnya juga akan menyusul tergantung dari pasar.

Telah dikonfirmasi juga bahwa Anne akan dibanderol dengan harga Rp19,8 juta OTR Jakarta. Penjualannya sendiri akan dilakukan mulai September 2023. 

Saat ini, PT Benelli Motor Indonesia sedang berusaha mengajukan sertifikasi TKDN 40 persen pada Anne. Walaupun demikian, Steven berujar bahwa pelanggan yang berminat dapat melakukan pre-order terlebih dahulu tanpa mengeluarkan uang muka.

"Masih diproses, kemungkinan bulan Juli selesai. Namun, pelanggan bisa langsung pre-order, catat nama, data diri, tanpa uang muka. Ini sekaligus kita tes market juga," kata Steven.