Tampilan Hyundai Exter Terbaru Sebelum Dluncurkan

JAKARTA - Hyundai akan meluncurkan sebuah SUV subkompak terbaru bernama Exter, setelah sebelumnya merilis teaser dari kendaraan ini. 

Baru-baru ini, Exter tertangkap kamera sedang terpajang di jalanan umum di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 3 Mei lalu. Bahkan, kendaraan ini terlihat tanpa topeng ataupun stiker kamuflase. Gambar Exter yang diunggah oleh @seoul_car_spotting tampaknya merupakan versi produksi akhir, namun mungkin ada beberapa perubahan minor dari desain sebelum diperkenalkan pada Agustus mendatang.

Dilansir dari carscoops, Kamis, 4 Mei, kendaraan ini akan diperkenalkan di India pada musim panas ini dan Hyundai juga berencana untuk mengekspor kendaraan ini ke wilayah negara berkembang lainnya. Desain Exter cukup kompak dengan roda kecil sebagai penyangganya. Pada bagian depan, kendaraan ini dilengkapi dengan lampu depan terpisah LED dan intake pada bemper. Sementara itu, pada bagian belakang, lampu belakang sedikit menyerupai Audi Q2 dan panel hitam menghubungkan kaca belakang dengan jendela samping.

Exter kemungkinan akan menggunakan platform K1 yang sama dengan Hyundai i10 Nios/Aura dan Hyundai Casper di India. Dengan proporsi yang kecil, kendaraan ini akan bersaing dengan Suzuki Ignis di kelasnya. Hyundai juga kemungkinan akan menawarkan dua opsi mesin, yakni 1,2 liter naturally-aspirated mesin bensin yang bertenaga 82 dk dan 1,0 liter turbocharged mesin bensin yang memproduksi tenaga 99 dk. Mesin ini akan dikombinasikan dengan penggerak roda depan dan menawarkan transmisi manual atau otomatis.

Setelah diluncurkan pada Agustus 2023, Hyundai berencana untuk memulai masa produksi Exter pada paruh kedua tahun ini.