Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan kendaraan asal Korea Selatan, Hyundai, secara resmi meluncurkan SUV yang dikategorikan sebagai entry-level dengan ukuran yang cukup kompak, Exter, untuk pasar India.

Melalui Hyundai Motor India Limited (HMIL), memiliki desain yang cukup mungil untuk ukuran SUV. Meskipun demikian, Exter ditawarkan dengan fitur terkini, interior yang lega, serta kemampuan yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas konsumen.

CEO dari HMIL, Unsoo Kim, mengatakan peluncuran Exter semakin memperkuat citra Hyundai dapat menciptakan desain mobil yang unik serta teknologi yang inovatif dengan fitur menarik.

"Kami yakin bahwa Hyundai EXTER akan melampaui harapan pelanggan kami dan menegaskan kembali posisi Hyundai sebagai penyedia solusi mobilitas cerdas terdepan di India," kata Kim dalam keterangan resminya, Senin, 10 Juli.

Sama seperti versi pra-produksinya yang bocor ke publik, Hyundai Exter memiliki desain yang kecil. Pada bagian depan, kendaraan ini dilengkapi dengan lampu depan terpisah LED dan intake pada bemper. Sementara itu, pada bagian belakang, lampu belakang sedikit menyerupai Audi Q2 dan panel hitam menghubungkan kaca belakang dengan jendela samping.

3

Dengan mengusung filosofi "Sensuous Sportiness", Exter dihadirkan dengan desain yang cukup dinamis pada bagian samping hingga ke belakang mencerminkan masa depan dari sebuah SUV bagi para pemula.

SUV ini dihadirkan dengan fitur interior terkini dengan dihadirkannya digital kluster instrumen 4,2 inci serta tampilan TFT Multi Information yang berwarna, Pengisian daya gawai nirkabel, Cruise Control, Multi Drive Information, Door Open Information, dan lainnya.

Untuk memberikan rasa aman kepada konsumen, Hyundai Exter dibekali dengan sistem keamanan atau keselamatan, seperti Emergency Stop Signal, Hill Assist Control, Electronic Stability Control, Vehicle Stability Management, Driver Rear View Monitor, serta airbag yang berjumlah 6 buah.

3

Rival dari Toyota Raize tersebut ditawarkan dengan tiga opsi mesin, yakni 1,2 liter Kappa Manual, 1,2 liter Kappa Automatic, dan 1,2 liter bi-fuel dengan transmisi manual.

Untuk opsi awal, Exter yang dibekali mesin 1,2 liter Kappa Manual dapat mengeluarkan daya hingga 81 dk serta torsi 113 Nm, tenaga yang sama juga dimiliki oleh transmisi otomatis.

Namun, bila pengguna ingin memiliki mobil dengan tingkat efisiensi yang tinggi, maka opsi 1,2 liter bi-fuel adalah jawabannya. Dengan daya 67 dk dan torsi 95 Nm, dengan efisiensi bahan bakar 27,1 km/kg.

Hyundai Exter dibanderol mulai 5.99.900 rupee India atau Rp110,3 jutaan untuk varian EX. Sedangkan untuk varian tertingginya, SX (O) Connect, dibanderol seharga 9.99.990 rupee India atau setara Rp183,7 jutaan.

Hyundai juga memiliki rencana untuk mengekspor kendaraan ini ke wilayah negara berkembang lainnya. Setelah diluncurkan, Hyundai berencana untuk memulai masa produksi Exter pada paruh kedua tahun ini.