Menkominfo: Infrastruktur Digital dan Layanan Komunikasi Publik Jelang KTT ASEAN Sudah Optimal

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memantau kesiapan infrastruktur digital dan layanan komunikasi publik yang sudah optimal dan memadai, terutama media center, jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN. 

“Dari sisi persiapan sudah hampir rampung semuanya, juga didukung dengan teknologi dan infrastruktur digital telekomunikasi yang memadai. Baik itu fiber optic, 4G Network maupun 4G Experience Network," ujar Johnny dari situs resmi Kemkominfo, dikutip Rabu, 3 Mei. 

Johnny juga berharap ke depannya, Kominfo bisa mentransmisikan broadcast seluruh acara (KTT ke-42 ASEAN) dengan baik, sehingga masyarakat dapat mengerti memahami dan mengambil manfaat darinya. 

Menteri Johnny menyatakan fasilitas layanan komunikasi publik akan disiapkan dengan  standar dengan Media Center saat Presidensi G20 tahun lalu, dengan tetap menyesuaikan kondisi di Labuan Bajo. 

"Fasilitas ini diharapkan akan memudahkan rekan-rekan media dalam meliput dan memberitakan substansi pertemuan maupun sisi-sisi lain dari kesuksesan gelaran KTT ke-42 ASEAN 2023,” ujarnya lebih lanjut.

Menkominfo juga mencatat sudah ada 319 jurnalis dari media lokal, nasional, hingga regional sampai global yang akan meliput kegiatan KTT ASEAN di Labuan Bajo. 

“Mudah-mudahan, semuanya akan berjalan dengan lancar dan akan membawa dan mengharumkan nama Indonesia di kancah regional, di ASEAN, dengan tiga pilar penting yang menjadi agenda Bapak Presiden Joko Widodo saat KTT ASEAN berlangsung tujuh hari mendatang,” pungkas Johnny.

Selain memantau persiapan media center, Menkominfo Johnny G. Plate bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga memantau lokasi Welcoming Dinner dan Sesi Retreat KTT ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Ayana Komodo Resort.