TikTok Diam-diam Hadirkan Fitur Stiker Video Animasi di DM

JAKARTA - TikTok secara diam-diam meluncurkan stiker video animasi untuk pesan langsungnya (DM). Fitur ini sebagai cara baru untuk bertukar pesan menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Stiker video animasi cukup berbeda dari yang biasa, pada dasarnya mirip dengan GIF dan merupakan perluasan dari fitur Stiker TikTok yang diluncurkan Desember tahun lalu.

Pengguna dapat memilih stiker video populer yang disediakan oleh TikTok atau mereka juga bisa membuat stiker khusus sendiri.

Untuk membuat stiker baru, pilih opsi buat stiker di DM. Pengguna dapat memilih video dari konten mereka atau konten yang diposting oleh orang lain.

Kemudian usai video dipilih, pengguna dapat menggunakan thumbnail video-scrubbing untuk memilih berapa banyak video yang diinginkan untuk menjadi bagian dari stiker video.

Terdapat pula opsi untuk menambahkan teks ke stiker video atau memotong konten. Setelah selesai, pengguna dapat memilih untuk menyimpan stiker video ke perpustakaan stiker pribadi di mana mereka dapat menemukannya lagi di tab favorit DM untuk dikirim ke teman kapan saja.

Jika pengguna ingin mengizinkan orang lain menggunakan stiker mereka, mereka dapat menambahkan stiker khusus ke toko TikTok.

TikTok menyatakan, hanya menampilkan video dengan izin stiker, artinya pengguna tidak perlu khawatir tentang penyalahgunaan video tanpa persetujuan kreator.

Kreator dapat memilih untuk tidak mengizinkan orang lain membuat stiker video berdasarkan videonya dengan mengubah setelan privasinya, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu, 12 April.

Sebelumnya, TikTok mulai mengizinkan pengguna membuat dan mengunggah stiker yang dapat digunakan dalam DM. Peluncuran stiker video itu dilakukan saat TikTok belun lama ini mengubah pengaturan DM-nya.

Di mana awal tahun, perusahaan juga diam-diam memberi pengguna pilihan dari siapa mereka ingin menerima pesan, baik itu semua orang, teman yang disarankan, pengikut bersama, orang yang telah dikirimi pesan, atau tidak seorang pun.