Yamaha XS650 ini Diubah Jadi Motor Balap Jadul

JAKARTA - Yamaha XS650 dikenal sebagai motor retro half-naked yang dapat diubah atau dimodifikasi. Simone Corti, penggiat modifikasi asal Italia ini juga melakukannya. Ia merakit XS650 mengusung tema "Ship of Theseus".

Simone Corti menggunakan rangka aluminium bertegangan sebagai dukungan dudukan baja tubular, lalu memasang swing-arm bergaya sportbike untuk menggantikan unit dual-shock.

Motor ini juga disematkan monoshock Ohlins dan bagian ujung depan yang menyerupai Honda CBR600RR. Selain itu, Corti membekali kaliper Brembo pada bagian depan yang dapat membuat sisi performa motor meningkat.

Tidak ketinggalan, Corti memasang ban depan Avon Speedmaster pada bagian depan dan bagian belakang dengan Dunlop K825 pada Yamaha XS650 tersebut.

Bagian paling menarik perhatian ialah pada bodywork, yang terinspirasi dari desain MT-03 dan R1. Bagian dari ujung depan hingga kebelakang seketika sangat berbeda dengan versi orisinil dari XS650.

Pada bagian pembuangan tenaga, dipasangkan knalpot yang terbuat dari bahan serat karbon yang memadukan bentuk jadul pada motor tersebut. Untuk menambah kesan retro namun sporty, Corti memberikan warna cat Aquamarine yang dipadukan dengan Silver yang mencolok.

Sebagian besar motor telah diubah bentuk dan komponennya, penggiat modifikasi asal Italia ini mempertahankan mesin berkapasitas 654 cc berpendingin udara twin-paralel dengan transmisi lima percepatan. Bagian lainnya yang tidak diubah ialah wheelset dan rem tromol belakang.