Tekan Angka Balap Liar di Kalsel, Polisi Gelar Sunday Race Tiap Hari Minggu

KALSEL - Menekan praktik balap liar di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel), kepolisian menggelar acara adu cepat 'kuda besi' bertajuk Sunday Race.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo mengatakan pelaku praktik balap liar biasanya anak muda sehingga kegiatannya dialihkan ke ajang balap resmi.

"Kegiatan Sunday Race lebih mengedepankan edukasi tentang bahaya balap liar dan bagaimana remaja menyikapinya agar tidak terpengaruh ikut-ikutan," katanya di Banjarmasin, Kalsel, Rabu 5 April, disitat Antara.

Maesa menjelaskan, Sunday Race rencananya akan digelar di lahan kosong Satpas SIM atau depan gedung pelayanan BPKB Ditlantas Polda Kalsel. Acara balap resmi itu akan berlangsung setiap akhir pekan atau hari Minggu.

Dia bilang, puluhan remaja dari berbagai klub motor bakal dilibatkan setiap pekan untuk bersama-sama memeriahkan Sunday Race yang lebih banyak diisi pengetahuan dan keterampilan berlalu lintas.

Polisi juga memberikan pelatihan berkendara motor seperti untuk praktik ujian pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga aksi keselamatan berkendara.

"Kami berharap remaja yang mengikuti Sunday Race ini bisa menjadi agen perubahan yang memberikan edukasi ke teman-temannya untuk tidak lagi melakukan balap liar dan menggantinya dengan kegiatan positif," ujar Maesa.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel yang dilibatkan dalam Sunday Race mengajak para remaja yang doyan kebut-kebutan bisa menyalurkan bakat di ajang balap resmi ini

"IMI siap memfasilitasi jika memang serius ingin menjadi pembalap, kami pun mendukung keinginan Pemerintah Kota Banjarbaru soal rencana pembangunan sirkuit untuk mencegah balapan liar," ujar Ketua IMI Kalsel Edy Sudarmadi.