Harga ETH Naik, Ini Dampak Upgrade Shanghai Ethereum yang Wajib Kamu Tahu!

JAKARTA - Harga Ethereum (ETH) tiba-tiba naik dari 1.870 dolar AS (Rp27,9 jutaan) menjadi 1.925 dolar AS (Rp28,7 jutaan) pada tanggal 5 April kemarin, dan saat ini stabil di angka 1.909 dolar AS (Rp28,5 jutaan) per koin. Nilai mata uang kripto ini meningkat sebesar 5 persen dalam 24 jam terakhir.

Salah satu faktor yang berkontribusi pada kenaikan harga Ethereum adalah meningkatnya kegembiraan di seputar upgrade Shanghai yang akan dilakukan pada tanggal 13 April mendatang. Investor telah mendorong harga ETH untuk memenuhi harapan karena ini merupakan acara penting yang sangat dinantikan.

Sebagai konsekuensi langsung dari peningkatan ini, Shanghai akan mulai mendistribusikan jumlah ETH yang signifikan di 2020 sebagai persiapan untuk upgrade Ethereum 2.0. Saat artikel ini ditulis, jumlah ETH yang diamankan dalam kontrak staking Ethereum telah melebihi 17,9 juta ETH, dengan nilai sekitar 34 miliar dolar AS (Rp507 triliun).

Namun, hal ini berpotensi membuat harga ETH menjadi tidak stabil jika spekulator memutuskan untuk mencairkan keuntungan mereka setelah tiga tahun telah berlalu. Pada September 2022, setelah upgrade The Merge, harga ETH meningkat dan kemudian jatuh dari 1.790 dolar AS (Rp26,7 jutaan) menjadi menjadi 1.300 dolar AS (Rp19,4 jutaan) sebagaimana dilansir dari Coincu.

Dampak Upgrade Shanghai Ethereum

Upgrade Shanghai adalah nama kode untuk serangkaian perubahan protokol yang akan diterapkan pada jaringan Ethereum pada tanggal 13 April 2023. Upgrade ini bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan efisiensi jaringan Ethereum dengan mengimplementasikan beberapa fitur baru dan perbaikan bug.

Berikut ini beberapa dampak positif dari implementasi peningkatan Shanghai melalui Ethereum Improvement Proposal (EIP).

  • EIP-1559 dapat mengurangi pasokan ETH secara bertahap dengan membakar biaya dasar transaksi. Hal ini dapat meningkatkan kelangkaan dan permintaan ETH di pasar. Selain itu, EIP-1559 juga dapat membuat biaya transaksi lebih stabil dan mudah diprediksi, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna.
  • EIP-3074 dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi dengan memungkinkan kontrak pintar untuk mengirim transaksi atas nama pengguna. Hal ini dapat memperluas kemampuan dan fungsi dari aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang berjalan di Ethereum.
  • EIP-3675 dapat mempersiapkan jalan menuju ke Proof-of-Stake (PoS), yang merupakan mekanisme konsensus baru yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan daripada Proof-of-Work (PoW) saat ini. PoS juga dapat meningkatkan skalabilitas dan kecepatan jaringan Ethereum.

Upgrade Shanghai merupakan langkah penting dalam perkembangan Ethereum sebagai platform terdepan untuk ekonomi digital. Dengan upgrade ini, Ethereum dapat menawarkan nilai tambah bagi pengguna, pengembang, dan investor.