Peringatkan Pendukung Donald Trump Jelang Pembacaan Dakwaan, Wali Kota New York: Jagalah Perilaku Anda Sebaik Mungkin

JAKARTA - Wali Kota New York City Eric Adams memperingatkan pada pendukung Donald Trump, pihaknya tidak akan ragu menangkap dan menuntut siapa pun yang melanggar hukum, sebagai bentuk protes atas dakwaan yang akan dibacakan terhadap mantan presiden Amerika Serikat itu.

Trump menuju ke New York pada Hari Senin dan dijadwalkan untuk menghadapi sidang dakwaan di Manhattan pada Hari Selasa. Dia adalah mantan presiden AS pertama yang menghadapi dakwaan kriminal, setelah dakwaannya dalam penyelidikan dewan juri terkait uang tutup mulut yang dibayarkan kepada seorang bintang porno.

Trump, yang mencalonkan diri sebagai presiden lagi pada tahun 2024, menyebut penyelidikan tersebut sebagai perburuan penyihir, mendesak para pendukungnya untuk turun ke jalan.

Sebelumnya, para pendukungnya menyerbu gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021, dalam sebuah kerusuhan yang mematikan, setelah dia secara keliru mengklaim memenangkan Pemilihan Presiden 2020

Berkaca dari itu, Adams memperingatkan para pendukung Trump agar tidak melakukan kekerasan pada Hari Selasa, mengatakan kota itu "bukan tempat bermain untuk ... kemarahan yang salah tempat."

"Meskipun kami tidak memiliki ancaman khusus, orang-orang seperti Marjorie Taylor Greene telah menyatakan bahwa dia akan datang ke kota. Saat Anda berada di kota, jagalah perilaku Anda sebaik mungkin," kata wali kota dari Partai Demokrat tersebut, melansir Reuters 4 April.

Juru bicara Greene tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar. Anggota Kongres AS dari Partai Republik dari Georgia ini mengatakan di Twitter pada Hari Minggu, protesnya akan sesuai hukum dan dia menolak siapa pun yang menghasut atau melakukan kekerasan. Greene mengatakan bahwa ia akan memimpin protes pro-Trump di sebuah taman dekat gedung pengadilan Manhattan pada Hari Selasa.

Wali Kota Adams mengatakan, Departemen Kepolisian Kota New York belum menerima ancaman yang dapat dipercaya terkait dakwaan tersebut, tetapi akan meningkatkan keamanan di transportasi umum dan meningkatkan kehadiran polisi di sekitar gedung pengadilan Manhattan, di mana Trump akan didakwa untuk mengantisipasi kemungkinan kerusuhan.

Jalan-jalan di sekitar kota akan ditutup pada Hari Selasa, lanjut wali kota.

Sementara itu, seorang pejabat pengadilan mengatakan, ruang sidang di lantai yang lebih tinggi di gedung pengadilan akan ditutup sesaat sebelum dakwaan Trump pada pukul 14.15 waktu setempat.

Sebelum melakukan pemungutan suara untuk mendakwa Trump, dewan juri mendengarkan bukti tentang pembayaran sebesar 130.000 dolar AS kepada aktris film dewasa Stormy Daniels pada hari-hari terakhir kampanye kepresidenan 2016.

Aktris tersebut mengatakan, dia dibayar untuk tetap diam tentang hubungan seksual yang dilakukannya dengan Trump pada tahun 2006. Sedangkan Donald Trump menyangkal bahwa ia pernah melakukan hubungan seksual dengannya.