Porsche Rayakan 5.000 unit Mobil Balap Porsche Cup 911

JAKARTA - Selama lebih dari dua dekade, Porsche Motorsport telah memproduksi lebih dari 5.000 mobil balap Cup 911 yang telah tersebar di berbagai ajang balap.

Mobil balap Cup 911 pertama kali dibangun pada tahun 1990 untuk kompetisi Porsche Carrera Cup Deutschland dan sejak saat itu, Cup 911 menjadi mobil balap yang paling banyak diproduksi di seluruh dunia.

Dikutip dari Motor1, Sabtu, 1 April 2023, mobil tersebut telah tersebar ke 34 seri balap one-make (balap yang diikutkan untuk satu model) yang disetujui Porsche yang diperebutkan secara global. Mobil Cup 911 tentunya telah berevolusi dari model produksi basis teknologi menjadi mobil balap murni.

Saat ini, Porsche menggunakan 911 GT3 Cup model seri 992 untuk diikutkan dalam berbagai ajang balap. Tidak hanya itu, mobil tersebut juga memiliki beberapa fitur keselamatan dengan bantuan komputer, transmisi dog-box sequential dengan pedal shift pada roda kemudi, bodi serat karbon, dan kompknen kokpit yang lengkap, serta sayap belakang yang memenuhi standar balap.

Porsche 911 GT3 Cup dilengkapi mesin boxer 6-silinder yang dapat mengeluarkan daya 503 dk, tentu tenaga ini setara dengan versi jalan raya.

Menurut Oliver Koppen, Manager One-Make Series and GT Sporr, Porsche Motorsport Sales, mengungkapkan bahwa dengan produksi Cup 911 yang mencapai 5.000 unit, merupakan sebuah kesuksesan besar dalam sejarah Porsche Motorsport.

"Lebih dari 5.000 Cup 911 – sosok yang mengesankan ini melambangkan kesuksesan besar dari Porsche one-make cup kami di seluruh dunia yang tiada duanya. Ini juga mewakili popularitas tingkat tinggi yang dinikmati Porsche di antara tim, profesional balap, pembalap muda, dan pembalap amatir di seluruh dunia. Tidak ada mobil balap Porsche lain yang diproduksi dalam jumlah besar atau lebih sering dalam balap,” ungkap Oliver Koppen, seperti yang dikutip Motor1, Sabtu, 1 April 2023.

Sekedar informasi, mobil balap Cup 911 diproduksi di tempat yang sama dengan produksi Porsche 911 di fasilitas utama Stuttgart, Zuffenhausen, dengan waktu pembuatan selama delapan jam.

Dalam merayakan pencapaian memproduksi lebih dari 5.000 mobil, Porsche 911 GT3 Cup edisi spesial akan diikutkan dalam Porsche Mobil 1 Supercup yang nantinya akan dikemudikan oleh pembalap tamu terkemuka. Mobil balap tersebut nantinya akan memiliki corak warna khusus.