TuneCore Permudah Karier Musisi Mandiri dengan IndieAF

JAKARTA - Ajang perdana yang mengumpulkan para penikmat musik, penggiat musik, dan pebisnis di industri musik bertajuk IndieAF telah sukses diadakan  TuneCore pada 19 Maret lalu.

IndieAF dikemas TuneCore dengan konsep yang menggabungkan antara penampilan musik, lokakarya, dan berjejaring. Ini bertujuan untuk membawa musisi Indonesia tampil di event internasional.

TuneCore turut memperkenalkan salah satu fitur terbarunya, Splits. Splits adalah fitur yang memungkinkan artis TuneCore untuk membagi pembayaran royalty dari pendapatan streaming dan download mereka antara semua kolaborator di lagu atau album.

“Tujuan kami di TuneCore adalah membuat hidup artis kami lebih mudah sehingga mereka dapat fokus membuat musik. Dengan SPLITS, artis TuneCore sekadang dapat menghabiskan sedikit waktu menjadi akuntan dan memiliki lebih banyak waktu untuk membuat musik yang bagus,” jelas Andreea Gleeson, CEO dari TuneCore dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi VOI.

Setelah lokakarya dan konferensi pers, IndieAF juga dilanjutkan dengan penampilan spesial dari berbagai artis. Mereka membawakan beberapa lagu hits yang rilis di TuneCore.

Para musisi itu di antaranya Barasuara yang membawakan Merayakan Fana, Kenny Gabriel dengan Grapevine, dan High Therapy dengan Bend Down.

Dengan diadakannya acara ini, TuneCore berharap dapat membantu memaksimalkan perkembangan karier dari musisi Independen.

"Selalu menyenangkan bagi kami (TuneCore) untuk dapat membantu artis dan menjadi bagian dari perkembangan karier mereka sekaligus memberikan edukasi dan berkomunikasi secara langsung dengan musisi tersebut,” ungkap Andi Arya Dwi Putra selaku Country Coordinator TuneCore Indonesia.

TuneCore pun sadar, dalam tahapan karier musisi DIY saat ini, mereka sangat membutuhkan edukasi tentang cara berjalannya industri digital.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan adanya IndieAF ini, para musisi jadi punya wadah untuk memperoleh informasi sekaligus untuk mengembangkan karier mereka ke arah yang lebih baik,” kata Gian Hashemi selaku TuneCore Ambassador Indonesia.