PAM Jaya Targetkan Pembangunan Reservoir Komunal di 9 Lokasi Selesai Agustus

JAKARTA - Perumda PAM Jaya tengah membangun reservoir komunal atau tandon air berukuran besar di 9 lokasi yang sulit menerima akses air bersih perpipaan. Targetnya, pembangunan sembilan reservoir komunal di 9 wilayah ini selesai bulan Agustus mendatang.

Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin menuturkan, pembangunan reserviar komunal dilakukan dalam rangka memperluas jangkauan pelayanan air di Ibu Kota.

Mengingat, PAM Jaya mendapat tugas dari Pemprov DKI untuk memberikan pelayanan air pada 100 persen wilayah Ibu Kota pada tahun 2020. Saat ini, cakupan pelayanan PAM masih 65,85 persen dengan 913.913 pelanggan.

"Mudah-mudahan 9 titik reservoir komunal ini bisa diselesaikan di bulan Agustus, maksimal," kata Arief dalam diskusi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 9 Maret.

Pembangunan reservoir komunal dimulai sejak akhir tahun 2022. Satu lokasi telah terbangun, yakni di wilayah Marunda Kepu. Sebenarnya, reservoir komunal tidak memerlukan waktu lama untuk didirikan.

Hanya saja, Arief menyebut ada kendala yang ditemui dalam perencanaannya, yakni masalah penggunaan aset sebagai titik pembangunan tandon air raksasa tersebut.

Kesulitan ini ditemui ketika kerja sama pengelolaan air atau swastanisasi air masih berjalan. Swastanisasi air baru berakhir pada awal Februari lalu. Saat itu, sebagian wilayah layanan masih dioperasikan perusahaan swasta.

"Kenapa ini tidak dilakukan dari awal? Kesulitan memang adalah masalah tempat atau aset. Pada saat 25 tahun pengelolaannya ada di swasta, sehingga mereka juga punya kesulitan mendapatkan area-area untuk dibuat penampungan," tutur Arief.

Arief mengaku, setelah swastanisasi berakhir, PAM Jaya tancap gas mengurus administrasi lahan yang akan digunakan untuk pembangunan reservoir komunal. Salah satunya adalah melobi pemerintah tingkat kota untuk membantu mencari lahan yang tersedia.

"Sekarang perizinannya kita kejar. Kemarin kita sudah kerja sama, datang ke kantor wali kota, kecamatan, hingga kelurahan. Kami juga kerja sama dengan pemerintah pusat khususnya di lokasi PPK Kemayoran," jelas dia.

Reservoir komunal berfungsi untuk menampung air pada jam di mana air tidak banyak digunakan. Kemudian, tampungan air tersebut didorong oleh pompa (booster pump) ke rumah warga.

Kesembilan lokasi pembangunan reservoir komunal berada di Marunda Kepu, Jalan Cilincing Huk Cacing, Jalan Raya STIP Marunda Makmur, Waduk Pluit–Jalan Muara Baru Penjaringan, Kelurahan Tamansari, Gombol Paya–Kalideres, Booster Pump Tambora, Duri Kosambi, dan Kebon Kosong.