Hyundai Persiapkan Kona Terbaru, Bisa Menjadi Sumber Powerbank Mobil Listrik Lain

JAKARTA - Setelah memulai debutnya akhir tahun lalu, Hyundai akan memperkenalkan Kona generasi terbaru yang akan hadir dengan dua pilihan drivetrain berbeda.

Dikutip dari laman Paultan, Selasa, 2 Maret, Hyundai Kona hadir dengan dua pilihan kapasitas baterai. Yang pertama, berkapasitas baterai 48,4 kWh dan satu motor listrik dengan daya sebesar 153 dk dan torsi 253 Nm. Ini disebut sebagai varian "Standard Range".

Untuk versi kedua kedua diberi nama "Long Range" dengan kapasitas baterai 65,4 kWh dan satu motor listrik. Jumlah tenaga yang dihasilkan tentu lebih besar, yakni 215 dk serta torsi 255 Nm. 

Baik "Standard" maupun "Long Range", keduanya memiliki kelebihan, yaitu mampu berjalan dengan jarak tempuh yang tergolong jauh. Menurut pengetesan WLTP, untuk "Standard Range" dapat berjalan sejauh 342 km dalam kondisi baterai penuh hingga habis. Sedangkan untuk "Long Range", diklaim dapat berjalan hingga 490 km.

Hyundai Kona generasi terbaru ini memiliki pengisian daya cepat dengan 400 volt. Baterai pada mobil dapat terisi dari 10 sampai 80 persen hanya dengan waktu 41 menit saja.

Dikabarkan bahwa Hyundai Kona terdapat beberapa fitur terbaru, yakni One Pedal Driving yang memungkinkan penggunaan satu pedal saja saat berkendara. Lalu terdapat fitur Vehicle to Load yang bisa menjadi powerbank bagi mobil listrik lainnya. Fitur tambahan lain adalah Baterry Preconditioning System dan Frozen Charge Door Prevention System.

Untuk diketahui, Hyundai Kona terbaru ini memiliki sistem penggerak roda depan yang sama dengan Ioniq 5.