Ford Lakukan Penarikan Kembali Ranger, Airbag jadi Penyebabnya

JAKARTA - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford mengumumkan melakukan penarikan kembali (recall) pada truk pikap andalannya, Ranger karena mengalami masalah pada komponen airbag yang tidak terpasang dengan baik.

Dikutip Reuters pada Sabtu, 4 Maret, penarikan yang dilakukan Ford berlaku pada Ranger produksi 2004-2005 yang juga sebelumnya terkena proses penarikan kembali pada 2017-2018 dengan masalah yang sama.

Ford menyatakan bahwa terjadinya penarikan Ford Ranger yang kedua kalinya tidak disebabkan adanya kasus kecelakaan baru. Meskipun begitu, berdasarkan data, terdapat 30 kasus kematian di seluruh dunia, 24 di antaranya terjadi di AS dengan tiga kasus yang melibatkan Ford Ranger.

Kasus kecelakaan tersebut diperkirakan karena kantong airbag bermerek Takata yang bermasalah. Jumlah mobil Ford Ranger yang terkena recall 98.500 unit.

Ford Ranger yang terkena penarikan kembali merupakan generasi ketiga untuk regional Amerika.

Namun, itu tidak menghentikan Ford dalam memproduksi truk pikap terbaru mereka, F-150 Lightning. Mereka akan memulai produksinya pada 13 Maret 2023 setelah sebelumnya berhenti produksi karena kasus kebakaran baterai pada 4 Februari  di gudang penyimpanan mobil Ford di Michigan.