Status Emergency Dicabut, Depo Pertamina Plumpang Jakut Kembali Beroperasi Hari Ini

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan distribusi atau kegiatan operasional di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, kembali beroperasi pada hari ini.

"Dapat kami saksikan bahwa kegiatan operasional di terminal BBM ini sudah mulai beroperasi kembali semenjak status emergency sudah dicabut per pagi tadi," kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina persero Fadjar Djoko Santoso lewat keterangan resminya, Sabtu, 4 Maret.

Selain fokus pendistribusian BBM ke berbagai wilayah, Fadjar juga memastikan pihaknya akan memberikan pelayanan maksimal kepada korban jiwa, korban luka, hingga pengungsi yang terdampak.

"Untuk penanganan pengungsi sejak semalam, dari CSR PT Pertamina terus memberikan bantuan kepada para pengungsi di sekitar lokasi kejadian," ujarnya.

"Pertamina bertanggung jawab dan berkomitmen terus memberikan yang terbaik untuk para pengungsi, termasuk biaya perawatan bagi korban luka dan santunan untuk korban jiwa," ungkapnya.

Terkait dengan penyebab kebakaran, kata Fadjar, pihaknya belum memberikan kepastian data dan informasi.

Hingga berita ini diturunkan, sebanyak 15 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka, serta ratusan warga mengungsi akibat kebakaran yang terjadi di permukiman warga dekat Depo Pertamina Plumpang.

Para korban luka dibawa ke berbagai rumah sakit, seperti RSPP, RS Mulya Sari, RSUD Koja, RSUD Tugu, RS Pelabuhan dan RS Polri.

Diberitakan sebelumnya, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III membenarkan kebakaran yang terjadi di pipa penerimaan BBM di Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat malam.

"Terjadi insiden terbakarnya pipa penerimaan BBM di Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang," ujar unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan, melalui pesan singkat, Jumat.

Berdasarkan keterangan Command Center Badan Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulmarmat), informasi pertama soal peristiwa itu diterima petugas pada pukul 20.11 WIB.