Jelang Ramadan, Bandara Soetta Klaim Siap Hadapi Lonjakan Penumpang 90 Persen

TANGERANG - PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangrtang, mulai melakukan persiapan, guna pelancaran angkutan bulan suci Ramdan dan Lebaran Hari Raya Iduk Fitri 2023.

“Kami sudah menyiapkan keterkaitan dengan operasional serta fasilitas di bandara,” kata Senior Manager of Brand Comunication and Legal Angkasa Pura II Bandara Soetta, M Holik Muardi, Rabu, 22 Februari.

Holik menuturkan ada tiga aspek yang akan ditingkatkan di Bandara Soekarno Hatta, yakni aspek personel bandara, operasional bandara dan sistem informasi penerbangan dan pergerakan penumpang melalui aplikasi internal.

“Kami juga secara manajemen sudah siap apabila terjadi peningkatan penumpang yang signifikan pada masa angkutan lebaran itu,” ucapnya.

persiapan AP II dalam menghadapi masa angkutan lebaran masih sama seperti tahun sebelumnya, yang dimana ada penataan tiga aspek yakni aspek personel bandara, operasional bandara dan sistem informasi penerbangan dan pergerakan penumpang melalui aplikasi internal.

"Dan itu letaknya ada di terminal 1 D Bandara Soetta, kami juga secara manajemen sudah siap apabila terjadi peningkatan penumpang yang signifikan pada masa angkutan lebaran itu," katanya.

"Dan secara infrastruktur kami juga siap, tinggal menunggu bagaimana kedepannya trafik penumpang dengan melakukan evaluasi dan dikaji lebih lanjut," sambungnya.

"Kemudian, untuk saat ini yang biasanya ramai di masa mudik lebaran khusunya domestik kita sudah mempersiapkan infrastruktur SDM, sebagai mengantisipasi hal hal adanya peningkatan penumpang," ungkap dia.

Dalam kesempatannya, Holik menuturkan jika melihat di tahun 2022 lalu, trafik peningkatan biasanya terjadi penumpang domestik itu sekitar 90 persen. Sedangkan itu untuk internasional masih di bawah angka 50 persen.

“Untuk saat ini yang biasanya ramai di masa mudik lebaran khusunya domestik kita sudah mempersiapkan infrastruktur SDM, sebagai mengantisipasi hal hal adanya peningkatan penumpang,” tutupnya.