Mantan Bintang F1 Pascal Wehrlein Alami Kecelakaan Horor di Formula E

JAKARTA – Pascal Wehrlein langsung dibawa ke rumah sakit setelah terlibat dalam sebuah kecelakaan horor bersama tim Porsche di Formula E. Insiden menakutkan tersebut terjadi saat sesi latihan menjelang Hyderabad E-Prix di India, Sabtu, 11 Februari 2023. Beruntung Wehrlein tidak mengalami cedera serius dalam kejadian itu.

Wehrlein masih memuncaki klasemen akhir pekan ini setelah tiga balapan pertama musim ini. Ia saat ini mengoleksi 68 poin atau unggul sebanyak enam poin dari Jake Dennis yang mengisi posisi kedua klasemen sementara.

Pebalap berkebangsaan Jerman itu mengalami kecelakaan setelah kehilangan kendali pada mobilnya tepat di tikungan terakhir lintasan. Mobil yang dikemudikan oleh Wehrlein sempat berputar-putar sebelum mengeluarkan suara dentuman keras saat menabrak dinding pembatas.

Tabrakan maut tersebut menyebabkan kerusakan besar pada mobil. Dua komentator balap Jack Nicholls dan Karun Chandhok bahkan sampai terengah-engah.

Mujur bagi Wehrlein karena ia berhasil keluar dari tabrakan tanpa mengalami cedera serius. Dia bisa keluar dari mobilnya tanpa memerlukan bantuan, tetapi langsung dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Saat menghubungi tim melalui radio Wehrlein mengatakan bahwa penyebab kecelakaan itu adalah akibat macetnya throttle mobil.

"Sepertinya itu bukan kesalahan pengemudi," ujar Chandhok saat berusaha menganalisis penyebab kecelakaan yang dialami oleh pebalap berusia 28 tahun tersebut.

"Dia mengatakan bahwa throttle macet dan, ya, Anda dapat melihat roda masih berputar saat dia dia berputar-putar," tambah Nicholls.

Untuk menyelidiki lebih lanjut penyebab kecelakaan tanpa membahayakan pembalap mereka yang lain, Porsche pun memilih untuk tidak mengirim mereka keluar sampai lebih banyak tes dijalankan.

Wehrlein berkompetisi untuk Manor dan Sauber di Formula 1 pada musim 2016 dan 2017. Ia mengikuti sebanyak 40 balapan dan meraih enam poin.