60 Persen UKM Manfaatkan Platform Digital, GudangAda Ajak Celios Beberkan Strategi Bisnis Hadapi Tantangan Global 2023

JAKARTA – Transformasi digital telah membawa perubahan besar di industri B2B FMCG yang berdampak pada percepatan pemulihan ekonomi melalui penguatan potensi UKM.

Menyambut tantangan bisnis 2023, GudangAda mendukung Celios (Center of Economic and Law Studies) dalam membuat sebuah studi yang bertajuk "Studi B2B FMCG Marketplace Indonesia Outlook 2023".

Studi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada publik terkait kondisi bisnis B2B FMCG di Indonesia, serta peluang kolaborasi antar pelaku usaha untuk memperbesar potensi pasar B2B FMCG.

Studi terkini GudangAda dan Celios menjelaskan, sebanyak 60 persen UKM Indonesia sudah merasakan manfaat dari penerapan digitalisasi pada bisnisnya, seperti mempermudah mencari supplier dan menjangkau pelanggan.

SVP Marketing & Corporate Affairs GudangAda Yuanita Agata mengatakan, hasil studi Celios ini diharapkan dapat menjadi acuan pelaku bisnis rantai pasok Indonesia dalam mengkaji lanskap bisnis B2B, serta mengatur strategi bisnis terbaik untuk menghadapi tantangan ekonomi dari sudut pandang inovasi digital di industri B2B FMCG.

"Berbekal pengalaman panjang manajemen GudangAda di industri B2B Indonesia dan hubungan strategis dengan segenap pelaku bisnis rantai pasok B2B yang telah terjalin lama, kami meyakini dapat memberikan insights bisnis yang tepat bagi tumbuh kembangnya bisnis B2B, khususnya di tahun ini," ujar dia di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 19 Januari.

Adapun sejumlah temuan menarik lainnya dari riset tersebut yakni:

1. Riset menemukan tantangan terbesar UKM dalam mengembangkan usaha pasca-pandemi adalah kompetisi dengan toko modern (36 persen), konsumen gagal bayar utang (31 persen), dan lokasi usaha yang tidak menguntungkan (27 persen).

Hal ini berkorelasi dengan temuan lain, yakni peningkatan kebutuhan solusi digital sederhana untuk kecepatan dan efisiensi biaya, fleksibilitas pembayaran, serta jangkauan pasar lebih luas.

2. Peluang eskalasi volume B2B FMCG di Indonesia pada 2023 dinilai masih besar seiring dengan potensi bisnis UKM Indonesia, pertumbuhan pengguna internet, serta dukungan pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat.

3. Hasil riset menunjukkan platform B2B digital sebagai penyedia saluran distribusi dari produsen, penjual hingga ke end-user akan menjadi tren yang menyebar di berbagai industri, tak terkecuali FMCG.

4. Pada 2023, riset memperlihatkan berbagai tantangan perkembangan industri B2B dari segi rendahnya literasi keuangan, kesenjangan akses digital, dan pembiayaan bagi UKM yang harus diwaspadai oleh para pemain B2B FMCG di Indonesia.

5. Terdapat prinsip-prinsip panduan (Strategi 4P) di dalam riset yang ditujukan bagi para pemain B2B FMCG untuk membangun ekosistem B2B yang berkelanjutan, di antaranya pembuatan aplikasi terintegrasi secara end-to-end, penguatan saluran distribusi, penjualan terfokus pada penjual strategis di area tertentu, serta penjagaan rasio biaya untuk stabilitas harga pasar.

Pada kesempatan sama, Ekonom sekaligus Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyebut, untuk menghasilkan analisis yang lebih mendalam, studi ini dibuat menggunakan metode studi literatur (literature study) dengan berbagai sumber, baik primer maupun sekunder dan studi terdahulu yang relevan.

"Saat ini, pasar Indonesia sedang berada di masa transisi dari Fase 2 (customer process portal) menuju Fase 3 (multi-channel infrastructure), kehadiran platform B2B digital seperti GudangAda dapat berperan efektif dalam mengakselerasi transisi tersebut melalui ragam layanan bisnis digital yang terintegrasi kepada segenap pemain di industri B2B, mulai dari prinsipal hingga pelaku bisnis level UKM seperti pemilik toko dan warung," paparnya.

Berikut Prediksi Tren Industri Bisnis B2B FMCG Indonesia pada 2023:

1. Kebutuhan sistem one-stop solution untuk mempercepat proses validasi data secara real time, sehingga prinsipal dapat mengikuti perkembangan pasar secara lebih cepat.

2. Pendekatan multi saluran (omnichannel) sebagai salah satu upaya industri B2B FMCG

dapat bertumbuh lebih pesat.

3. Tuntutan keamanan data pribadi seiring meningkatnya jumlah para pelaku usaha yang menggunakan platform digital B2B.

4. Permintaan one stop financing dengan tenor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan UKM.Yuanita menambahkan, memasuki 2023, pihaknya sebagai penyedia platform digital B2B akan fokus pada aspek strategis untuk mencapai posisi terbaik dalam mengarungi persaingan bisnis, yakni dengan membangun jalur distribusi yang lebih efisien guna mendukung perkembangan bisnis principal dan strategic sellers di area strategis, serta mengutamakan sustainability dengan menciptakan level margin yang sehat antara principal dan mitra bisnis.

"Lalu, fokus pada strategic buyer dan seller dengan meningkatkan literasi digital mitra dalam memaksimalkan fitur layanan di dalam aplikasi GudangAda, serta menyediakan akses kredit produktif yang aman bagi mitra bisnis UKM," pungkasnya.