Mengenal Kamera Pertama di Dunia dan Perkembangan Zaman Aristoteles

YOGYAKARTA - Teknologi fotografi kini semakin berkembang dengan hadirnya berbagai fitur canggih. Bisnis Jasa fotografi pun kian sangat banyak bermunculan. Tren fotorgrafi dengan beragam inovasinya hadir berkat orang-orang yang telah berjasa mengembangkan teknologi kamera. Tentu saja hal ini tidak bisa terlepas dari sejarah penemuan kamera pertama di dunia. 

Penemuan kamera pertama di dunia memiliki sejarah yang sangat panjang. Kamera telah menjadi salah satu penemuan paling penting di bumi. Hadirnya teknologi kamera telah membantu kebutuhan dokumentasi mengabadikan peristiwa atau momen-momen penting. 

Kamera adalah alat bekerja membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Dalam istilah lain, kamera dapat menangkap dan membekukan suatu momen atau peristiwa ke dalam bentuk foto atau gambar visual. 

Sejarah Kamera Pertama di Dunia  

Kamera terus mengalami evolusi dari zaman ke zaman. Penemuan kamera dimulai dari kamera lubang jarum, hingga berkembang ke dalam bentuk yang lebih canggih. Sampai kini teknologi kamera telah diterapkan dalam perangkat-perangkat elektronik, seperti smartphone, laptop, cctv, dan lainnya. 

Kamera pertama di dunia bermula pada Abad ke-10 oleh cendekiawan muslim bernama Abu Ali Al-Hasan Ibn Al-Haytham atau Alhazen. Alhazen disebut menjadi orang pertama yang mempelajari cara mata bekerja untuk melihat sesuatu. 

Kamera yang pertama dibuat oleh Alhazen adalah kamera lubang jarum. Kamera ini kemudian dikenal sebagai kamera obscura. Proses kerja kamera ini yakni menggunakan cahaya untuk memproyeksikan gambar pada permukaan datar. 

Alhazen melakukan serangkaian percobaan tentang optik. Ia menggunakan istilah Al-Bayt Al-Muthlim yang berarti ruang gelap. Namun Alhazen tidak pernah mengakui jika dirinya menjadi penemu kamera pertama. 

Ditelusuri lebih jauh, ide awal kamera sudah diuraikan oleh seorang filsuf China bernama Mozi yang hidup pada masa Dinasti Han, yaitu sekitar 391 tahun sebelum masehi. Sumber lainnya juga menyebutkan konsep kamera obscura untuk memahami prinsip optik telah ditulis sebelumnya oleh filsuf Yunani bernama Aristoteles. Prinsip kamera obscura dituliskan oleh Aristoteles dalam bukunya yang berjudul Metafisika.

Perkembangan Kamera dari Masa ke Masa 

Kamera Lubang Jarum

Kamera lubang jarum bekerja dengan menangkap bentuk dari sebuah fenomena optik alami. Gambar yang terlihat dari satu sisi atau berada di layar kemudian diproyeksikan melalui lubang ke permukaan yang berlawanan dengan bukaan lubang. 

Proyeksi dari lubang jarum akan menciptakan sebuah gambar terbalik. Jadi ketika seseorang melihat sinar yang menyorot ke lubang itu maka akan tampak bayangan gambar serupa dinding kamar gelap dengan posisi terbalik. 

Pada tahap awal penemuan teknologi kamera ini memiliki ukuran bentuk yang cukup besar. Bahkan ukurannya mencapai sebesar rumah, sehingga sulit dipindahkan atau di bawa ke tempat lain. 

Kamera Obscura

Prinsip kamera obscura yang dipikirkan oleh Aristoteles kemudian ditulis ulang dan pada abad ke-15. Teknologi kamera obscura kian dipopulerkan oleh Leonardo Da Vinci pada masa Renaisance berkembang di Italia. Da Vinci menggambarkan cara kerja kamera obscura di sebuah rumah besar dengan suasana gelap. Ia membuat pinhole atau lubang kecil di dinding rumah.

Istilah kamera obscura muncul pertama kali pada abad ke-16. Namun di masa ini kamwera obscura dibuat memakai bahan tambahan lain, seperti sebuah kotak khusus yang memiliki gambar proyeksi terbalik. 

Perbedaan kamera obscura dengan lubang jarum adalah pada pemakaian lensanya. Teknologi kamera obscura semakin berkembang pada abad ke-17 dan abad ke-18 di masa para seniman memakai kamera untuk melukis sebuah objek. 

Pada tahun 1872, pengembangan gambar fotografi pertama dengan kamera obscura dilakukan oleh seorang ilmuwan asal Perancis bernama Joseph Nicephore Niepce. Pengembangan inilah yang menjadi awal penemuan gambar fotografi yang bersifat permanen. 

Kamera Daguerreotypes dan Calotypes

Pengembangan konsep fotografi yang lebih praktis dilakukan oleh Joseph Nicephore Niepce pada tahun 1937. Inovasi yang digagas oleh pria asal Prancis tersebut dinamakan sebagai Daguerreotypes. 

Josep menggagas Daguerroptypes dengan konsep penambahan pelat tembaga dan perak di dalam kotak kecil dalam lubang cahaya. Perangkat tersebut ditambah dengan uap yodium sehingga membuat kamera pada waktu itu lebih sensitif terhadap cahaya. 

Penemuan Daguerroptypes dipatenkan oleh Joseph dan partnernya bernama Louis Daguerre. Setelah hadirnya teknologi kamera ini, Henry Fox Talbot kemudian menyempurnakan proses terbentuknya cahaya. Ia berhasil menjual Calotype sekitar tahun 1840-an.

Kamera Pelat Kering

Kamera pelat kering atau dry plates mulai digunakan pada tahun 1857. Kamera ini adalah pengembangan teknologi kamera yang dilakukan oleh Desire van Monckobven. 14 tahun berselang, kamera dry plates dikembangkan dan dimodifikasi oleh Richard Leach Maddox. Ia berhasil menciptakan kamera pelat basah, yang memiliki kecepatan dan kualitas lebih baik dalam pemotretan gambar. 

Kamera Kodak

Kamera kodak mulai dikembangkan pada tahun 1885 oleh George Eastman. Ia memulai produksi film kamera dan mengembangkannya lagi menjadi seluloid pada 1888-1889. Kamera ini dikenalkan ke publik pada tahun 1888. Kamera kodak hanya terdiri dari satu lensa fokus dan satu shutter speed atau pemantik potret. 

Compact Camera

Setelah kodak, pengembangan kameran oleh Oskar Barnack di Leitz menciptakan kamera compact. Barnack membuat teknologi ini menggunakan film dengan ukuran 35 mm untuk membuat kamera compact. Kamera ini mampu menghasilkan pembesaran gambar dengan kualitas yang sangat baik.

Selanjutnya, prototype camera Ur-Leica mulai dibentuk pada tahun 1914. Kamera ini mulai dipasarkan secara umum pada tahun 1923. Selanjutnya, muncul kamera Canon produksi dari perusahaan di Jepang. Kamera ini mampu membuat kamera dengan film cine 35 mm yang menjadi saingan kamera Leica. 

Demikianlah informasi sejarah kamera pertama di dunia dan perkembangan kamera dari zaman ke zaman. Setelah adanya penciptaan kamera Compact dan Canon, inovasi-inovasi baru teknologi kamera pun terus bermunculan. Mulai dari kamera SLR, kamera analog, hingga kamera digital. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.