Dalam 2 Hari, Ratusan Kendaraan Keluar Jakarta Jelang Tahun Baru

JAKARTA - Polri mencatat ratusan ribu kendaraan keluar wilayah Jakarta dalam kurun waktu dua hari atau 23 hingga 25 Desember. Mereka mengarah ke ruas tol Trans Jawa.

"Volume lalu lintas yang keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama arah Trans Jawa sebanyak 149.453 kendaraan," ujar Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Ade YS kepada wartawan, Senin, 26 Desember.

Kemudian, berdasarkan data Korlantas Polri, jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Jakarta juga cukup banyak. Jumlahnya mencapai 112.163 kendaraan.

Untuk pantauan Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama, tercatat 121.184 kendaran yang melintas dari Jakarta menuju Bandung. Sedangkan sebaliknya, 115.539 kendaraan.

"Volume lalu lintas yang keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Cikupa arah merak, sebanyak 144.376 kendaraan. Sedangkan untuk yang masuk Jakarta melalui Gerbang Tol Cikupa sebanyak 133.990 kendaraan," sebutnya.

Untuk Gerbang Tol Ciawi arah Puncak tercatat 114.642 kendaraan dari Jakarta. Sementara sebaliknya terdata 112.027 kendaraan.

Dengan peningkatan kendaraan itu, lanjut Ade, Polri mengimbau masyarakat untuk tetap waspada ketika berkendara. Terlebih, saat ini curah hujan mulai meningkat yang memperbesar potensi terjadinya kecelakaan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudin Natal dan Tahun baru 2023 agar memastikan londisi fisik sehat, serta periksa kendraaan sebelum melakukan perjalanan. Mamfaaatkan resta area, sefektif mungkin untuk berisitirahat," kata Ade.