Polda Sulsel Kerahkan 4.580 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru 2023

MAKASSAR - Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Nana Sudjana memimpin langsung Operasi Lilin 2022 di Lapangan Karebosi Makassar. Ada 4.580 personel yang akan mengamankan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Fokus pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 adalah rumah ibadah, tempat keramaian dan objek vital lainnya," ujarnya dikutip ANTARA, Kamis, 22 Desember.

Irjen  Nana Sudjana mengatakan operasi yang digelar serentak se-Indonesia itu dilaksanakan selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Operasi Natal dan Tahun Baru fokus pada aksi gangguan Kamtibmas dalam bentuk terorisme, kemudian konflik yang terus diwaspadai yakni konflik berbau keagamaan dan ideologi.

Kapolda Sulsel mengatakan konsep operasi adalah kepolisian terpusat yang bersifat terbuka.

Bentuk operasi seperti pemeliharaan keamanan yang dilaksanakan dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sehingga dapat merayakan dengan rasa aman dan nyaman.

Menurut Irjen Nana, Polri dan pihak terkait telah menyiapkan sejumlah strategi agar arus mudik dan balik selama liburan Natal dan tahun baru juga berjalan lancar.

"Koordinasi sudah dilaksanakan dengan jajaran Dinas Perhubungan, TNI dan Pemda dalam rangka pengamanan. Personel Polri ada 2.429 dan instansi terkait 2.151. Semuanya siap mengamankan," katanya.

Selain itu, Polri dan pemangku kepentingan lain juga mewaspadai ketersediaan pangan selama libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Sebab, selama perayaan ini tentu permintaan dari konsumen mengalami peningkatan sementara distribusi pangan kerap terkendala ketika musim libur atau pun cuaca buruk.

"Sehingga kita akan lebih fokus pada keamanan dan juga masalah mengamankan agar lalu lintas udara, laut dan darat lancar," ujarnya.