Sepultura Semburkan Album Kolaborasi Karantina SepulQuarta Tahun Depan

JAKARTA - Awal tahun 2020, gerombolan thrash metal asal Brasil Sepultura meluncurkan SepulQuarta. Ini merupakan acara mingguan yang menampilkan sejarah perjalanan musik Sepultura yang dilengkapi sesi tanya jawab dengan penggemar dan permainan musik mereka selama menjalani karantina COVID-19.

Beberapa kolaborasi musik Sepultura bersama anggota Megadeth, Testament, Anthrax, System Of A Down, Trivium, dan Sacred Reich akan dirilis dalam format album penuh tahun depan.

"Keren sekali bahwa SepulQuarta memungkinkan kami melakukan ini. Kami memiliki total 57 tamu. Itu jumlah yang luar biasa," gitaris Sepultura, Andreas Kisser berkata dilansir dari Blabbermouth, Senin, 21 Desember.

"Kami memulainya pada 22 April dan kami melakukannya setiap minggu selama berbulan-bulan, lalu kami melakukannya setiap 15 hari. Dan itu adalah pengalaman yang luar biasa. Kami memutar 28 lagu. Itu lebih dari tiga jam konser. Sungguh menakjubkan. Sungguh," Kisser menyambung.

Menurut Kisser, album SepulQuarta tidak akan seperti album yang pernah dirilis Sepultura sebelumnya. Kolaborasi ini sangat menarik sekaligus unik. 

"Ini adalah sesuatu yang (dibuat) mungkin hanya karena situasi karantina, lockdown. Bayangkan kita membuat album seperti itu dalam keadaan normal; itu tidak mungkin," imbuh Kisser.

Hal yang keren tentang kolaborasi ini, tambah Kisser, adalah betapa bersemangatnya setiap orang untuk menjadi bagian dari proyek ini dan sangat senang memainkan materi-materi Sepultura.

Dalam proyek ini, Sepultura bermain dengan orang-orang yang memengaruhi mereka dan band-band yang dipengaruhi oleh Sepultura. Ada musisi Brasil; musisi pop, dan tentunya musisi metal. Khusus versi baru Ratamahatta diakui Kisser sangat unik dan berbeda. 

"Kami tidak melihat ada batasan. Kami menggunakan dua drum (pada beberapa lagu), kami menggunakan dua bass pada sejumlah lagu, tiga gitar, dan dua vokal - bukan batasan apa pun - dan kami berhasil membuatnya," pungkas Kisser.

Sebagai tambahan informasi, selain Kisser, formasi Sepultura saat ini dilengkapi Derrick Green (vokal), Paulo Xisto Pinto Jr. (bass), dan Eloy Casagrande (drum).