Sepultura Gelar Tur Dunia sebagai Perpisahan atas Perayaan 40 Tahun Berkarya
Sepultura akan gelar tur dunia sebagai perpisahan. (Foto: Instagram @sepultura)

Bagikan:

JAKARTA - Terbentuk sejak tahun 1984, Sepultura akan merayakan 40 tahun berkarya tahun depan.

Band thrash/groove metal asal Brasil itu telah menjadi pengaruh besar pada perkembangan musik metal dunia.

Melalui akun Instagram resmi, Sepultura mengumumkan tur dunia akan menjadi perpisahan mereka dengan para penggemar.

Tur tersebut akan dilakukan selama 18 bulan ke depan.

“Sepultura telah mencapai ujung jalan dan memilih untuk berangkat melalui kematian yang sadar dan terencana,” tulis Sepultura dalam keterangan unggahan Instagram, dilihat Minggu, 10 Desember.

“Selama 18 bulan ke depan kami akan merayakan 40 tahun keberadaan kami bersama dengan penggemar setia kami dalam tur perpisahan di seluruh dunia,” sambungnya.

Tur dunia kali ini disebut band beranggotakan Derrick Green (vokal), Paulo Jr (bass), Andreas Kisser (gitar), dan Eloy Casagrande (drum) itu sebagai perayaan akan masa lalu dan masa kini untuk terakhir kalinya.

Selama berkarya, Sepultura sudah mengunjungi 80 negara dengan kebudayaan beragam. Mereka menjanjikan untuk melibatkan seluruh penggemar menjadi bagian dari tur dunia terakhir.

“Selama tur peringatan 40 tahun ini, kami akan merekam 40 lagu live di 40 kota berbeda dan merilis kompilasi besar-besaran dari momen terbaik dan paling energik kami di atas panggung,” kata Sepultura.

“Kami senang dan sangat bersyukur atas segala sesuatu yang dapat kami saksikan selama empat dekade terakhir. Kami telah merilis album-album hebat dan memainkan pertunjukan-pertunjukan yang tak terlupakan, memupuk persahabatan, bertemu dengan idola kami, berkontribusi dalam menempatkan metal Brasil di peta dunia. Oleh karena itu kami merasa bahwa kami dapat meninggalkan dunia musik dengan rasa tanggung jawab yang terpenuhi,” lanjutnya.

Sejauh ini, Sepultura sudah mengumumkan jadwal tur mereka di Brasil, Amerika Latin dan Eropa.

Tur di Brasil dimulai dari Belo Horizonte pada 1 Maret 2024 hingga Florianópolis pada 23 Maret 2024. Namun, mereka akan kembali tampil di Sao Paulo pada 6 September 2024.

Kemudian, tur Amerika Latin dimulai dari San Jose, Kosta Rika pada 13 April 2024, dan berakhir di Montevideo, Uruguay pada 22 April.

Selanjutnya, tur Eropa akan dimulai dari Paris, Perancis pada 30 Oktober 2024, dan berakhir di Praha, Republik Ceko pada 23 November 2024.

Sementara itu, tur di belahan dunia lain, seperti Asia, khususnya Indonesia, belum diumumkan. Terakhir kali Sepultura tampil di Indonesia dalam gelaran JogjaROCKarta Festival 2023 pada 30 September lalu.